Strategi Digital Marketing dan Kelebihan-Kelebihan yang Dimilikinya

oleh -599 views

Berbagiruang.com – di artikel sebelumnya yang berjudul “Pengertian Digital Marketing dan Juga Jenis-Jenisnya”, kita telah membahas pengertian Digital Marketing dan juga hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan pemasaran digital ini.

Diantara beberapa poin yang harus kamu perhatikan, salah satunya adalah Strategi Digital Marketing. Untuk jenis-jenis strategi ini sendiri sebenarnya ada bermacam-macam. Nah, berikut ini beberapa jenis strategi pemasaran digital yang bisa kamu terapkan beserta dengan pengertian dan kelebihannya.

Social Media Marketing

Strategi Digital Marketing pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerapkan Social Media Marketing. Apa itu Social Media Marketing? Merupakan suatu strategi pemasaran digital yang memanfaatkan peran sosial media.

Menurut Hubspot, Social Media Marketing merupakan sebuah aksi pembuatan konten, konten inilah yang nantinya akan menarik perhatian masyarakat. Sementara itu menurut Neil Patel—Social Media Marketing merupakan proses menarik perhatian orang agar terikat dengan konten yang disajikan.

Jika dibandingkan dengan marketing konvensional. Maka, SEM ini tentu lebih efisien baik dari segi tenaga, waktu, dan biaya. Menurut sebuah penelitian, dewasa ini ada sekitar 3,2 miliar orang yang menggunakan sosial media! Dengan basis pengguna sebanyak itu, maka jangkauan strategi marketing yang satu ini sangatlah luas.

Untuk strategi ini kamu bisa memanfaatkan Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan sosial media lain sesuai target konsumen.

Search Engine Marketing

Search engine Marketing (SEM) merupakan bentuk pemasaran internet yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Atau dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar search engine, seperti Google.

Dengan menggunakan strategi SEM, pemasar dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis ketika mereka mencari informasi seputar produk/layanan yang diinginkan.

Cara kerja SEM sendiri yaitu iklan akan memilih kata kunci yang berkaitan dengan jasa/produk yang dijual. Jadi, ketika seseorang mengetikkan kata kunci tersebut, search engine akan menampilkan hasil pencarian berbayar. Dengan SEM, rasio klik pengunjung akan lebih meningkat. Selain itu, SEM juga mampu menyasar calon konsumen potensial yang memiliki potensi besar untuk membeli jasa/produk yang ditawarkan.

Untuk format dalam SEM sendiri cukup beragam. Diantaranya adalah format berbentuk text, dan PLAS (Product Listing Ads/Shopping Ads) yang berbentuk produk, harga, review, dan rating yang bersifat visual. Untuk Search Engine Marketing berbentuk format teks sendiri biasanya menggunakan Google Adword, Bing, dan Yahoo Gemini.

Apa saja manfaat SEM untuk bisnis? Hasil lebih cepat, targeted marketing, dapat disesuaikan dengan budget-nya, meningkatkan traffic website dengan cepat dan mudah, jangkauan luas, dan efektif.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO dan SEM sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Keduanya saling berkaitan dan melengkapi satu sama lain. Search Engine Marketing (SEM) merupakan bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.

SEM ini mencakup teknik SEO dan juga berbagai teknik marketing lainnya. Selain mengoptimalkan mesin telusur, SEM juga menyertakan berbagai penggunaan berbayar sebagai komponen utamanya. Contohnya adalah sistem Pay Per Click (PPC) dan iklan semacam Google Ads.

Untuk SEO sendiri merupakan suatu tindakan pengoptimalan website dari dalam untuk meningkatkan traffic website melalui pencarian organik.

Beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk melakukan SEO :

  • Menggunakan keyword yang relevan dengan topik yang dibahas.
  • Menggunakan internal link dan backlink.
  • Memanfaatkan beberapa tools gratis seperti Google Analytic dan juga Google Search Console.
  • Membuat artikel yang berkualitas dan mampu menyelesaikan masalah pembaca.
  • Memperhatikan keyword density, dan juan penyebarannya dalam artikel.
  • Menggunakan plugin seo seperti Yoast SEO.

Email Marketing

Strategi Digital Marketing selanjutnya adalah dengan melakukan Email Marketing. Email Marketing sendiri merupakan teknik promosi dengan mengirimkan email komersial pada pelanggan yang berisi tentang informasi produk, promo, event, dan penawaran-penawaran lainnya yang berpotensi untuk menarik minat konsumen.

Lalu, bagaimana cara kita bisa mendapatkan alamat email dari konsumen? Pertama dengan menyisipkan tombol berlangganan newsletter yang mengharuskan konsumen memasukkan alamat email di website, mendapatkan email sewaktu pelanggan melakukan registrasi menjadi user atau melakukan pembelian produk/jasa, dan lain sebagainya.

Tujuan utama dari Email Marketing ini sendiri adalah untuk terhubung dengan konsumen secara personal, mempertahankan hubungan baik, dan juga untuk “mengaktifkan” kembali pelanggan pasif agar mereka melakukan pembelian lagi.

Email Marketing ini sendiri sangat cocok untuk diterapkan pada model bisnis B2B atau Business-to-Business.

Digital Advertising

Selanjutnya, ada Digital Advertising yang merupakan strategi pemasangan iklan di berbagai channel online. Lebih lanjutnya, Digital Advertising ini bisa diartikan sebagai jenis komunikasi yang dilakukan perusahaan untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu brand, produk, layanan, menggunakan berbagai platform dan saluran digital.

Konten iklannya sendiri berupa ajakan untuk melakukan pembelian baik melalui web browser, halaman media sosial, blog, dan media online lainnya.

Biasanya media yang sering digunakan untuk Digital Advertising sendiri adalah : Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads. Kelebihan strategi yang satu ini tentu saja ada di jangkauannya yang luas serta lebih tepat sasaran.

Content Marketing

Strategi Digital Marketing selanjutnya yang bisa kamu terapkan dalam usahamu adalah Content Marketing. Apa itu Content Marketing? Merupakan sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berkualitas, relevan, dan konsisten demi menarik minat konsumen yang dituju.

Tapi, Content Marketing ini bukan hanya tentang membuat konten saja lho, melainkan konten tersebut juga harus mampu menarik minat calon pembeli dan mempertahankan hubungan dengan konsumen dalam jangka waktu lama.

Kenapa Content Marketing itu penting? Pertama, untuk meningkatkan brand awareness dan memperkenalkan suatu produk ke konsumen. Untuk bentuk Content Marketing sendiri sangat beragam. Bisa berupa infografik, blog, podcast, video, desain visual, dan buku.

Untuk skill yang diperlukan dalam Content Marketing sendiri adalah skill komunikasi, menulis, bercerita/story telling, kepekaan, paham trend dan lain sebagainya.

Penerapan Content Marketing ini bisa kamu padukan dengan strategi marketing lainnya lho. Karena bagaimanapun juga, apapun strategi yang kamu gunakan kamu pasti membutuhkan konten sebagai isi.

Customer Service Automation

Penggunaan Customer Service Automation ini belakangan juga sangat populer. Tidak ada salahnya juga kalau kamu menerapkan strategi Digital Marketing satu ini ke dalam bisnismu.

Lalu, sebenarnya apa itu Customer Service Automation? Merupakan suatu metode dukungan konsumen yang terintegrasi dengan sistem otomatisasi otomatik seperti chatbot, voicebot, atau kecerdasan buatan lainnya dengan menggunakan alat untuk mengotomatiskan alur kerja dan tugas.

Keuntungan menggunakan Customer Service Automation sendiri adalah dapat membuat alur kerja promosi Anda lebih efektif dan efisien.

Nah, itulah beberapa strategi Digital Marketing yang bisa kamu terapkan dalam bisnis. Dengan menerapkan strategi-strategi diatas, maka usahamu dapat lebih dikenal dan mampu bersaing dengan perusahan-perusahaan besar. Yuk, tingkatkan penjualan dan brand awareness perusahaan dengan melakukan Digital Marketing.

Semoga artikel diatas bermanfaat ya,