Data Pengguna Tokopedia Bocor, Jangan-Jangan Akun Anda Salah Satunya?

oleh -628 views

Berbagiruang.com – Data milik 15 juta pengguna Tokopedia diduga bocor di dunia maya. Bahkan. Kabar terbaru menyebut data 91 juta pengguna dan lebih dari tujuh juta merchant Tokopedia di jual di situs gelap (dark web). Data tersebut dijual dengan harga 5.000 dolla as (sekitar Rp. 74 Juta). Kejadian ini tentu akan merugikan pengguna yang terdampak. E-mail korban berpotensi akan disalahgunakan untuk tindak kejahatan, misalnya saja penipuan atau pemeriksaan.

Pihak Tokopedia mengakui adanya upaya pencurian terhadap data pengguna di platform e-commerce miliknya. Meskipun demikian, Tokopedia mengklaim informasi password milik pengguna tetap aman dan terlindungi dengan sekuriti berlapis, termasuk lewat mekanisme kode OTP (one-time password) yang hanya bisa diakses pemilik akun secara real time.

Check Akun Anda Apakah Ikut Terdampak

Namun, tidak ada salahnya untuk mengecheck apakah E-mail anda ikut terdampak. Pengecekan bisa dilakukan di situs Have I Been Pwned. Situs ini bisa mengidentifikasi apakah alamat e-mail yang digunakan untuk akun layanan online pernah terekspos oleh insiden kebocoran data atau tidak.

Situs Have I Been Pwned sudah menyertakan informasi kasus kebocoran data Tokopedia, dengan jumlah alamat e-mail terdampak ditaksir mencapat 12 Juta. Pengguna e-commerce itu pun bisa melihat apakah e-mail akun miliknya ikut bocor atau tidak.

Cara Melakukan Pengecekan Akun Tokopedia

Cara melakukan pengecekan adalah dengan memasukan alamt e-mail yang digunakan untuk mendaftar akun onlie. Kemudian klik tombol “pwnd” di sisi kanan. Kemudian situs tersebut akan menelusuri database dan akan menginformasikan apabila alamat e-mail tersebut pernah masuk dalam kasus kebocoran data. Laman Have I Been Pwned juga akan memberikan informasi akun di platform mana saja yang terdampak.

Apabila terdampak, sebaiknya segera mengganti password dan aktifkan verifikasi dua langkah untuk meongkatkan perlindungan akun. Ganti juga password layanan online lain yang menggunakan e-mail kata kunci serupa.

Disamping mengganti password, pihak tokopedia merekomendasikan untuk menghapus alat pembayaran yang sudah terdaftar, seperti kartu kredit dan kartu debit untuk mencegah adanya transaksi yang tidak diinginkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.