Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan Manusia Modern Saat Ini

oleh -973 views

Berbagiruang.com – Teknologi memang memiliki banyak sekali pengaruh terhadap kehidupan manusia modern saat ini. Setiap aspek dan hal-hal dalam kehidupan kita, semua juga sangat dipengaruhi oleh teknologi.

Mulai dari kehidupan sehari-hari, pekerjaan, sektor pemerintahan, pendidikan, industri, dan lainnya semua tak luput dari campur tangan teknologi ini. Nah, di pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa pengaruh teknologi dalam kehidupan manusia saat ini. Penasaran? Simak penjelasan lebih lanjutnya di ulasan di bawah ini ya :

Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Teknologi juga turut berpengaruh terhadap perkembangan dunia pendidikan. Jika di masa lalu, kita hanya memiliki buku sebagai sumber untuk materi pembelajaran. Sekarang, hal tersebut tidak berlaku lagi.

Di zaman digital ini, buku tidak lagi menjadi satu-satunya sumber informasi dan materi. Siswa-siswi sekarang bisa mengakses berbagai materi melalui berbagai jenis perangkat digital. Sebut saja ada Search engine yang bisa kamu akses di Smartphone, tablet, ataupun PC milikmu. Informasi yang tersedia di internet pun sangat beragam.

Membaca buku pun tidak lagi harus memegang fisiknya. Kamu bisa membaca buku via digital atau yang biasa disebut sebagai e-book. Selain itu, pengerjaan tugas bisa dilakukan menggunakan komputer dan berbagai perangkat yang kamu miliki. Kemudian, kamu bisa mengirimkannya via online seperti lewat email, misalnya.

Lebih jauh lagi, kita mengenal yang namanya pembelajaran daring atau pembelajaran online yang saat ini digunakan oleh siswa-siswi dikala pandemi. Pembelajaran di sekolah tidak harus dilakukan secara tatap muka. Murid dan guru tidak harus berkumpul dalam satu lokasi tertentu untuk sama-sama mengakses pembelajaran.

Semuanya bisa dilakukan secara online dan real time, dimana saja, dan kapan saja berkat bantuan teknologi. Murid dan guru bisa saling terhubung dengan bantuan media digital seperti aplikasi video conference (Zoom, Google Classroom, Google Duo, dan sejenisnya), Aplikasi Chat Group dan Chat Online (seperti WhatsApp, Line, dan sejenisnya).

Pengaruh Teknologi Terhadap Dunia Bisnis dan Industri

Pengaruh teknologi yang semakin berkembang juga turut membuat dunia industri, bisnis, dan pekerjaan berevolusi. Jika dulu semuanya dilakukan secara manual. Maka, sekarang ini semuanya bisa dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan efisien dengan adanya teknologi-teknologi canggih.

Sebut saja, di beberapa lini industri seperti pabrik-pabrik manufaktur besar. Mereka sudah menggunakan berbagai mesin berteknologi tinggi untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Berkat teknologi inilah, kita bisa mendapatkan berbagai jenis produk-produk serbaguna dengan harga terjangkau. Tanpa teknologi, produk-produk tersebut mungkin tidak akan bisa dibuat atau bisa dibuat tapi memerlukan banyak waktu.

Karena bagaimanapun juga teknologi seperti mesin tersebut dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Berkembangnya teknologi yang mulai digunakan perusahaan juga membuat sektor pekerjaan juga semakin bervariatif.

Munculah jenis-jenis pekerjaan baru, seperti seorang programmer, gamer, staff it, staff sosial media, dan lain sebagainya. Pekerjaan-pekerjaan tersebut berhubungan langsung dengan teknologi-teknologi modern yang saat ini ada.

Muncul pula profesi baru yang menjanjikan, sebut saja ada Youtuber dan Selebgram, serta berbagai jenis profesi lainnya. Lebih luas lagi, untuk sarana pekerjaan karyawan-karyawan perusahaan memiliki banyak sekali fasilitas canggih untuk membantu mereka menyelesaikan suatu pekerjaan. Ada berbagai perangkat teknologi seperti laptop dan smartphone, teknologi simulator untuk mempermudah karyawan merasakan visualisasi maya yang terlihat nyata, dan sejenisnya.

Pengaruh Teknologi terhadap Kehidupan Masyarakat Sehari-Hari

Selain mempengaruhi dunia pendidikan dan pekerjaan. Teknologi nyatanya juga mampu merubah gaya hidup masyarakat kita sehari-harinya. Gaya hidup tersebut juga akan semakin berubah seiring dengan perkembangan teknologi yang memang kontribusinya sangat besar di kehidupan manusia saat ini. Contohnya saja :

  • Kebiasaan berbelanja. Kebiasaan berbelanja masyarakat juga semakin lama semakin berubah mengikuti trend dan teknologi terkini. Jika dulu kita harus pergi ke pasar atau ke supermarket untuk mendapatkan suatu barang. Maka, dengan bantuan teknologi kita dapat berbelanja dari rumah di berbagai e-commerce yang tersedia. Selain menawarkan kemudahan. E-commerce juga lebih diminati masyarakat lantaran dapat memberikan penawaran harga yang lebih kompetitif dengan produk yang lebih bervariatif.
  • Cara berinteraksi dengan orang lain. Dulu, untuk berinteraksi dengan orang lain kita harus bertemu secara tatap muka atau langsung dan mengirimkan surat via POS. Sekarang dengan teknologi kita bisa melakukan komunikasi secara online tanpa harus bertemu langsung. Bisa dengan video call, mengirim email, telepon, atau chat online.
  • Teknologi juga mempengaruhi cara kita mendapatkan informasi. Dulu, kita mendapatkan dan menyebarkan informasi lewat mulut ke mulut, lewat media konvensional seperti koran, majalah, dan sejenisnya. Sekarang, kita bisa mengakses informasi dari rumah, kapan saja, dimana saja, dengan harga yang lebih mudah, dan lebih up to date. Contoh : Via televisi, media sosial, atau melalui platform berita online di internet.
  • Dulu, untuk memesan makanan kita harus datang ke tokonya secara langsung. Sekarang, dari rumah saja kita bisa mendapatkan apapun makanan yang kita inginkan. Ada layanan delivery order atau pesan makanan secara online yang bisa kita manfaatkan.
  • Berkat teknologi, untuk mengirimkan uang kita bisa melakukanya dengan mudah. Via transfer menggunakan ATM, Mobile Banking, atau Internet Banking, dan lain sebagainya. Kita juga mengenal berbagai metode pembayaran cashless yang lebih mudah untuk dilakukan. Sebut saja ada OVO, Dana, Gopay, dan berbagai e-wallet lainnya.
  • Transportasi. Dulu sebelum marak penggunaan aplikasi online. Jika kita ingin mencari taksi atau ojek, kita harus menunggunya di pangkalan. Namun, sekarang ada aplikasi transportasi online seperti Gojek dan Grab yang bisa kita pesan secara online dimanapun dan kapanpun kita butuh.
  • Dari segi kebiasaan dan hiburan. Dulu, kita terbiasa menonton televisi atau mendengarkan radio untuk mengakses hiburan. Sekarang, kita bisa menonton film secara online di PC atau Smartphone via aplikasi Streaming film seperti Netflix atau WeTV, mendengarkan podcast di Youtube, atau menonton postingan di sosial media.
  • Untuk kebutuhan rumah tangga, berkat teknologi semua urusan rumah tangga bisa dikerjakan dengan lebih mudah menggunakan alat-alat modern. Untuk kebersihan ada vacuum cleaner, mesin cuci, dan sejensinya. Untuk memasak kita bisa memanfaatkan magic com, oven, kompor¬† dan berbagai jenis peralatan modern lainnya.

Itulah sedikit pengaruh teknologi dalam kehidupan kita saat ini. Selain hal-hal tersebut, sebenarnya pengaruh teknologi juga lebih luas lagi. Saking terbiasanya kita dengan teknologi tersebut, kita bahkan tidak dapat membayangkan bagaimana jika teknologi tersebut suatu saat tiba-tiba lenyap dan tidak dapat diakses karena kita sudah terlalu bergantung pada teknologi.

Sisi positif dari teknologi sendiri juga sangat banyak. Mulai dari mempermudah akses dan pekerjaan manusia. Sisi negatifnya sendiri juga banyak. Namun, semuanya tergantung pada kita sendiri. Bagaimana kita dapat me-manage diri kita untuk memanfaatkan teknologi yang ada sebaik-baiknya.

Semoga bermanfaat,