Bidang Pekerjaan Ini Mungkin Akan Digantikan oleh Robot di Masa Depan Lho!

oleh -543 views

Berbagiruang.com – Teknologi yang semakin canggih turut menghadirkan inovasi teknologi robotic yang lambat laun juga mulai diimplementasikan ke dalam dunia industri dan pekerjaan.

Bahkan, saat ini sudah ada beberapa pekerjaan yang mulai tergantikan oleh penggunaan robot ini. Di masa depan, mungkin akan ada lebih banyak lagi bidang pekerjaan yang bisa digantikan oleh robot. Pekerjaan fisik yang terprediksi dan dilakukan berulang memiliki peluang sekitar 78% untuk digantikan dengan robot. Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh buruh-buruh pabrik yang bekerja di sektor industri.

Pekerjaan yang berhubungan dengan pemrosesan data juga sangat rentan digantikan oleh robot. Bahkan, dalam bidang ini robot dan kecerdasan buatan diprediksi akan mengambil alih sekitar 69% pekerjaan manusia. Hal ini dikarenakan robot memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melakukan pemrosesan data dan menangani pekerjaan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Selain bidang-bidang tersebut, masih ada banyak sekali bidang pekerjaan yang akan digantikan robot di masa mendatang, diantaranya adalah :

  • Pekerjaan pengantar surat

Bidang pekerjaan yang akan digantikan robot pertama adalah pekerjaan tukang pengantar surat. Bahkan, saat ini saja tukang pengantar surat sudah jarang kita temukan. Alasan utamanya tentu saja adalah perkembangan teknologi.

Sekarang, untuk bertukar pesan kita tak perlu lagi bertukar surat fisik. Semuanya bisa kita lakukan dengan mudah tanpa harus menunggu tukang pos datang. Email atau surat elektronik sudah menggeser eksistensi surat fisik ini.

Dari segi efisiensi dan kemudahan, surat elektronik ini tentu memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan surat fisik. Oleh karena itu, pekerjaan tukang pengantar surat lambat laun mulai menghilang.

  • Kasir

Bidang pekerjaan yang akan digantikan robot kedua adalah kasir. Di masa depan, pekerjaan semacam ini sangat rawan tergantikan oleh teknologi. Dilansir dari gamatechno.com, dalam 10 tahun ke depan robot akan mulai menggantikan 7,5 juta pekerja ritel. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang  dilakukan oleh layanan finansial Cornerstone Capital Group.

Angka ini setidaknya mengancam sekitar 38% dari pekerja bidang ritel yang saat ini jumlahnya sekitar 16 juta orang. Proses otomatisasi yang dilakukan di perusahaan ritel ini juga akan sangat mempengaruhi proses pembayaran otomatis sebagai pengganti kasir.

Selain itu, saat ini saja sudah banyak sekali metode pembayaran cashless dan juga e-commerce yang turut menurunkan minat masyarakat untuk berbelanja langsung di toko. Terutama untuk barang-barang yang tidak urgent seperti pakaian, dan sejenisnya. Orang-orang sekarang lebih suka berbelanja secara online dibandingkan offline. Hal ini juga semakin mengancam bidang pekerjaan satu ini.

  • Agen Travel

Pekerjaan agen travel juga lambat laun dapat tergantikan oleh teknologi. Hampir sekitar 70% calon wisatawan dunia melakukan search and share secara digital, dan 30%-nya melakukan booking secara online.

Hal tersebut juga berlaku bagi kita yang berada di Indonesia. Sebagian besar dari kita lebih suka melakukan booking hotel, tiket (bus, kereta, pesawat) secara online melalui berbagai aplikasi online seperti Traveloka.

Alasannya tentu saja ada di fleksibilitas dan kemudahan pemesanan. Melalui aplikasi tersebut kita sebagai konsumen dapat melakukan pemesanan tiket travel dari rumah tanpa harus pergi ke agen travel, bisa membandingkan antara satu jenis layanan travel dan sebagainya, dapat mengecek jadwal keberangkatan secara real time, dapat melakukan reschedule dengan lebih mudah, tidak perlu takut kehabisan tiket, dan tentunya kita bisa mendapatkan banyak sekali promo dan diskon murah.

  • Teller bank

Peran teller bank telah mengalami penurunan tajam dalam 15 tahun terakhir ini. Bahkan, antara periode 2014-2024 pekerjaan teller diprediksi mengalami penurunan sekitar 8%. Jumlah teller bank lama-kelamaan akan semakin berkurang akibat peranannya telah tergantikan oleh mesin dan robot.

Contohnya saja adalah kehadiran ATM. Dulu, sebelum ada ATM konsumen harus mengantri di teller untuk dapat melakukan transaksi perbankan. Sekarang untuk tujuan transfer, tarik tunai, cek saldo, pembayaran multiguna, top up e-wallet, dan setor tunai bisa langsung dilakukan di ATM tanpa harus ke teller.

Selain itu, ada juga kemudahan transaksi online dengan menggunakan internet banking dan mobile banking. Banyak pula aplikasi e-wallet yang juga semakin mempermudah transaksi cashless konsumen.

  • Staff Telemarketing

Bidang pekerjaan yang akan digantikan robot selanjutnya adalah staff telemarketing. Lambat laun pekerjaan ini akan tergantikan oleh teknologi. Terlebih dengan adanya banyak sekali otomatisasi pekerjaan marketing melalui sistem tertentu yang secara otomatis akan menjalankan tugas ini.

  • Pustakawan

Pengunjung perpustakaan lambat laun juga selalu mengalami penurunan. Alasannya, buku tidak lagi sepopuler dulu. Sekarang untuk membaca buku, kita tidak perlu datang ke perpustakaan langsung. Kita bisa membeli ebook-nya saja.

Kita bisa membaca e-book ini melalui smartphone atau PC yang kita miliki. Selain lebih fleksibel lantaran kita tak perlu membaca buku secara fisik. Cara ini juga terbilang lebih hemat waktu dan biaya. Kita tak perlu datang ke perpustakaan dan harga ebook ini sendiri jauh lebih murah dibandingkan dengan versi cetaknya.

Hal-hal inilah yang akan membuat profesi seorang pustakawan menjadi semakin terancam.

  • Staff Developer

Bidang pekerjaan yang akan digantikan robot selanjutnya adalah staff developer. Sebabnya adalah kepopuleran kecerdasan buatan (AI). Menurut InfoWorld, beberapa tahun kedepan dunia bahkan tak lagi memerlukan banyak coders, dan 90% coding dapat dilakukan oleh logickomputer dengan machine learning dan low-end Al.

  • Buruh

Pekerjaan buruh pabrik juga rentan tergantikan oleh teknologi robotik. Bahkan, sekarang ini saja sudah ada banyak sekali mesin-mesin canggih otomatis yang mulai menggantikan tenaga kerja manual.

Alasannya tentu saja ada di efisiensi biaya. Selain itu, mesin ini juga dapat bekerja dengan lebih akurat dan tepat. Dan saat ini sendiri, hampir semua pabrik besar telah menggunakan robot untuk proses operasional mereka.

  • Pekerjaan lain yang rentan digantikan oleh robot

Selain pekerjaan diatas, masih ada banyak sekali pekerjaan lainnya yang juga rentan digantikan oleh robot, seperti :

  • Driver : lantaran sudah ada banyak sekali opsi mobil auto drive yang dapat berjalan sendiri tanpa kontrol langsung dari pengemudi. Kedepannya pun akan semakin banyak tren kendaraan otonom yang lambat laun dapat menggantikan eksistensi sopir.
  • Resepsionis
  • Staff pembukuan, administrasi, dan accounting.
  • Apoteker
  • Analis
  • Penerjemah bahasa. Lantaran sekarang sudah ada banyak sekali program yang dapat menerjemahkan berbagai bahasa dengan lebih instan dan mudah digunakan.

Nah, itulah beberapa bidang pekerjaan yang akan digantikan robot di masa mendatang. Maraknya penggunaan robot ini disatu sisi memang menguntungkan perusahaan terlebih dari segi efisiensi biaya dan efektivitas kerja. Hanya saja, di sisi lainnya akan ada banyak sekali tenaga kerja yang kehilangan pekerjaannya. Alhasil, lowongan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah tenaga kerja yang ada. Akhirnya, tingkat pengangguran pun semakin meningkat.

Untuk mengatasi hal itu, kita sebagai tenaga kerja juga harus semakin meningkatkan kompetensi yang kita miliki agar suatu saat posisi kita tidak terancam digantikan oleh robot.