Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Rekayasa Perangkat Lunak Tentang Agile Software Development & Requirements Engineering

oleh -5,087 views

Berbagiruang.com – Berikut adalah Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Rekayasa Perangkat Lunak Tentang Agile Software Development & Requirements Engineering yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Dengan adanya soal latihan ini semoga bisa sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian.

1. Metode agile adalah:
a. Metode pengembangan yang cepat dan pengujian terhadap model kerja (prototipe) dari aplikasi baru melalui proses interaksi dan berulang-ulang yang biasa digunakan ahli sistem informasi dan ahli bisnis.
b. Metode pengembangan tambahan yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak yang cepat, sering merilis perangkat lunak, mengurangi overhead proses dengan meminimalkan dokumentasi dan menghasilkan kode berkualitas tinggi.*
c. Model proses perangkat lunak evolusioner yang merangkai sifat iteratif dari prototype dengan cara kontrol dan aspek sistematis model sequensial linier.
d. Metode dengan pendekatan yang sistematis dan juga berurutan pada pengembangan perangkat lunak, dimulai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna lalu berlanjut melalui tahapan-tahapan perencanaan (planning), permodelan (modeling), konstruksi (construction), serta penyerahan sistem ke para pelanggan/pengguna (deployment), yang diakhiri dengan dukungan pada perangkat lunak lengkap yang dihasilkan.

2. Penggunaan metode agile untuk mengembangkan sistem perangkat lunak besar yang tidak dapat dikembangkan oleh tim kecil, disebut:
a. Scaling Down
b. Scaling Out
c. Scaling In
d. Scaling Up*

3. Proses pengecekan persyaratan validitas, konsistensi, kelengkapan, realisme, dan verifikasi yaitu:
a. Requirements validation*
b. Requirements elicitation
c. Requirements management
d. Requirements specification

4. Pernyataan layanan yang harus disediakan oleh sistem, bagaimana sistem seharusnya bereaksi terhadap input tertentu dan bagaimana sistem seharusnya berperilaku dalam situasi tertentu merupakan definisi:
a. Domain requirements
b. Non-functional requirements
c. Functional requirements*
d. System requirements
²Domain requirements

5. Model proses atau teknik dalam metode agile antara lain, kecuali:
a. Extreme Programmning
b. Feature Driven Development
c. Scrum
d. Spiral*

6. Fokus pada kesederhanaan dalam perangkat lunak yang dikembangkan dan dalam proses pengembangan. Jika memungkinkan, aktif bekerja untuk menghilangkan kompleksitas dari sistem, merupakan definisi prinsip metode agile:
a. Customer involvement
b. Maintain simplicity*
c. Incremental delivery
d. Embrace change

7. Proses berulang yang dapat direpresentasikan sebagai spiral kegiatan – penemuan persyaratan, klasifikasi persyaratan dan organisasi, negosiasi persyaratan dan dokumentasi persyaratan yaitu:
a. Requirements elicitation*
b. Requirements specification
c. Requirements management
d. Requirements validation

8. Ciri agile development adalah, kecuali:
a. Iterasi terjadi dalam aktivitas.*
b. Sistem ini dikembangkan sebagai serangkaian versi atau peningkatan dengan pemangku kepentingan yang terlibat dalam spesifikasi dan evaluasi versi.
c. Dokumentasi minimal, fokus pada kode kerja.
d. Spesifikasi, desain, dan implementasi program saling terkait.

9. Orang yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proses Scrum diikuti dan memandu tim dalam penggunaan Scrum yang efektif. Ia bertanggung jawab untuk berinteraksi dengan anggota perusahaan lainnya dan untuk memastikan bahwa tim Scrum tidak dialihkan oleh campur tangan pihak luar disebut:
a. Product owner
b. Scrum Master*
c. Sprint
d. Velocity

10. Proses Requirements engineering, antara lain, kecuali:
a. Requirements organizational*
b. Requirements management
c. Requirements elicitation
d. Requirements analysis

11. Metode agile yang menyediakan kerangka kerja manajemen proyek:
a. Crystal
b. Scrum*
c. Extreme Programming
d. Feature-Driven Development

12. Pelanggan harus terlibat erat selama proses pengembangan. Peran mereka adalah menyediakan dan memprioritaskan persyaratan sistem baru dan untuk mengevaluasi iterasi sistem, merupakan definisi dari prinsip metode agile:
a. Embrace change
b. Incremental delivery
c. Customer involvement*
d. Maintain simplicity

13. Proses mendokumentasikan persyaratan pengguna dan sistem secara formal dan membuat dokumen persyaratan perangkat lunak yaitu:
a. Requirements specification*
b. Requirements management
c. Requirements elicitation
d. Requirements validation

14. Yang termasuk multi-team scrum, kecuali:
a. Product architects
b. Release alignment
c. System configuration*
d. Role replication

15. Proses mengelola perubahan kebutuhan selama proses rekayasa persyaratan dan pengembangan sistem disebut:
a. Requirements specification
b. Requirements validation
c. Requirements management*
d. Requirements elicitation

16.

Gambar diatas merupakan:
a. Feature Driven Development
b. Extreme programming release cycle*
c. Crystal release cycle
d. Scrum release cycle

17. Batasan pada layanan atau fungsi yang ditawarkan oleh sistem seperti batasan waktu, kendala pada proses pengembangan, standar, dll. Seringkali berlaku untuk sistem secara keseluruhan dari fitur atau layanan individual disebut:
a. Functional requirements
b. Domain requirements
c. Non-functional requirements*
d. System requirements

18. Klasifikasi Non-functional requirements, antara lain, kecuali:
a. Internal requirements*
b. Organisational requirements
c. External requirements
d. Product requirements

19. Proses membangun layanan yang dibutuhkan pelanggan dari suatu sistem dan kendala di mana ia beroperasi dan dikembangkan disebut:
a. Recruitment engineering
b. Requirements engineering*
c. Product engineering
d. Document engineering

20. Spesifikasi persyaratan sistem atau System requirements specification adalah:
a. Dokumen yang menggambarkan persyaratan fungsional dan nonfungsional secara lebih rinci. Perincian lebih lanjut juga dapat ditambahkan ke persyaratan nonfungsional. Antarmuka ke sistem lain dapat didefinisikan.*
b. Dokumen yang menggambarkan model sistem grafis yang menunjukkan hubungan antara komponen sistem dan sistem dan lingkungannya.
c. Dokumen yang memberikan informasi rinci dan spesifik yang terkait dengan aplikasi yang sedang dikembangkan; misalnya, deskripsi perangkat keras dan basis data.
d. Dokumen yang menggambarkan asumsi mendasar yang menjadi dasar sistem, dan setiap perubahan yang diantisipasi karena evolusi perangkat keras, perubahan kebutuhan pengguna, dan sebagainya.