Gaya Hidup Sehat Ini Harus Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-Hari

oleh -663 views

Berbagiruang.com – Kesehatan merupakan salah satu aset terbesar yang nilainya tidak terkira. Dengan menjaga gaya hidup yang sehat, kita dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik terutama dalam hal kesehatan ini.

Banyak orang yang mengabaikan masalah kesehatan ini. Padahal, jika kita pertimbangkan lagi dibandingkan dengan rasa malas atau hal-hal lain, kesehatan jelas jauh lebih penting. Nah, teruntuk kamu yang tertarik menjalankan gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa tips & trik menjalankan pola hidup sehat yang bisa kamu jadikan referensi.

  • Rutin Berolahraga

Sudah jadi rahasia umum, kalau olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Demi membiasakan gaya hidup yang sehat.  Kamu bisa memulai membiasakan dirimu untuk melakukan berbagai jenis olahraga yang kamu sukai. Bisa apa saja, contohnya : jogging, gym, badminton, bersepeda, berenang, dan sejenisnya.

Untuk waktu olahraga terbaik sendiri bisa dilakukan di pagi atau sore hari setelah kamu selesai melaksanakan berbagai aktivitas harian. Olahraga membuat tubuh kita jadi lebih aktif bergerak. Ketika kita bisa lebih aktif bergerak maka kalori yang mengendap di tubuh akan terbakar. Selain itu, olahraga juga dapat mengalirkan lebih banyak oksigen ke sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Dengan olahraga, tubuhmu akan terasa lebih bugar dan stamina akan tetap terjaga.

  • Istirahat yang Cukup

Cara menerapkan pola hidup sehat yang pertama adalah dengan cukup beristirahat. Salah satu cara beristirahat yang efektif bisa dilakukan dengan tidur yang cukup di malam hari. Menurut pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, Cheri Mah, tidur merupakan kebutuhan dasar manusia untuk menuju pola hidup sehat.

Tidur sendiri bisa diibaratkan layaknya fondasi dimana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini tidak kuat, maka hal ini akan berdampak buruk pada kesehatanmu. Berbagai masalah akan menghampirmu. Mulai dari letih, lesu, selalu merasa mengantuk, kurang semangat, berkurangnya selera makan dan lain sebagainya.

Menurut National Sleep Foundation sendiri, durasi tidur yang ideal untuk orang dewasa berkisar antara 7 hingga 9 jam.

  • Manajemen pemilihan makanan

Makanan yang masuk ke tubuh kita, akan sangat menentukan bentuk dan kondisi tubuhmu lho. Jadi, kamu harus lebih selektif lagi dalam melakukan pemilihan makanan. Demi mewujudkan pola hidup yang sehat, manajemen pemilihan makanan ini sangatlah penting.

Pastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi telah memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan hanya mengedepankan “rasa” makanan tanpa memperhatikan kandungan gizi di dalamnya.

Selain jenis makanan, kamu juga harus memperhatikan porsi makan dan juga waktu makannya ya. Porsi makan yang sesuai dan tidak terlalu banyak akan mencegahmu mengalami obesitas. Ingat! Apapun yang berlebihan tidak baik bagi tubuh.

Untuk jam makannya pastikan bahwa kamu makan di saat yang tepat alias tidak telat makan. Telat makan akan membuat organ pencernaanmu jadi bermasalah. Kamu akan rentan terkena penyakit seperti Maag.

  • Menghindari Stres

Gaya hidup sehat bukan hanya tentang manajemen makan dan olahraga saja. Melainkan, tentang manajemen pikiran. Bahkan, ada istilah yang mengatakan kalau penyakit itu berasal dari 10% kesalahan makan dan 90% stress.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, mengingat stres dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga membuat kita jadi lebih rentan terkena penyakit. Sayangnya, stress ini rawan terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak sekali masalah yang dapat membuat seseorang menjadi stres. Mulai dari masalah percintaan, karir, keluarga atau masalah-masalah lainnya. Agar stres ini tidak berlarut, ada baiknya kamu mulai melakukan manajemen strs.

Jika dirasa kamu mulai merasa tidak nyaman atau stress saat tengah melakukan suatu aktivitas. Maka, kamu bisa menarik nafas dalam berulang kali. Melakukan hal ini terbukti menurunkan kadar kortisol, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Untuk dapat lebih menghibur diri, kamu juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas lainnya yang kamu sukai di sela-sela kegiatanmu. Contohnya saja, berkebun, bersepeda, menonton film, dan lain sebagainya.

  • Perbanyak minum air putih dan kurangi konsumsi gula

Makan-makanan manis seperti kue, manisan, es krim, dan berbagai jenis olahan manis lainnya memang sangat menggiurkan. Tapi, kamu harus ingat untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung gula ini. Asupan gula yang berlebih dapat memicu penyakit diabetes.

Nah, sebaliknya kamu bisa perbanyak konsumsi air putih. Sekitar 60% dari komposisi tubuh manusia terdiri atas air. Sayangnya, setiap hari cairan tubuh akan berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali kamu bernapas.

Inilah alasan mengapa minum air putih itu penting, yakni untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama aktivitas.

  • Menjaga Kebersihan

Mandi dua kali sehari, mencuci wajah, selalu cuci tangan setiap habis bepergian, hingga rajin menyikat gigi merupakan cara-cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Hal ini termasuk dalam pola hidup sehat yang harus kamu terapkan guna menghindari penyakit.

Selain menjaga kebersihan tubuh. Kamu juga harus selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarmu ya, mulai dari kebersihan rumah, tempat tidur, tempat kerja, dan area di sekitarmu. Tempat yang kotor memiliki potensi menjadi sarang bakteri, yang pada akhirnya akan menimbulkan penyakit.

  • Batasi penggunaan perangkat digital

Gaya hidup sehat selanjutnya adalah dengan membatasi penggunaan perangkat digital seperti Smartphone, Laptop, dan juga televisi. Selain sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit obesitas, diabetes, dan emboli paru.

Terlalu lama menatap layar ini akan membuat penglihatanmu menjadi kabur, tidak jernih, dan mengakibatkan berbagai permasalahan penglihatan lainnya. Tentunya, kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

  • Hindari merokok dan minum minuman beralkohol

Merokok akan membawa segudang masalah bagi tubuh. Kamu akan lebih rentan terkena penyakit paru-paru. Jika dilakukan dalam jangka panjang maka hal tersebut tentunya memiliki efek yang fatal bagi tubuh. Bukan hanya untuk perokok sendiri, nyatanya merokok juga dapat membahayakan kesehatan orang-orang di sekitarmu.

Kalau kamu sudah terlalu kecanduan merokok. Maka, kamu dapat mengurangi konsumsi rokok ini secara perlahan, sedikit demi sedikit secara konsisten. Selain menghindari rokok, kamu juga harus menghindari minuman yang mengandung alkohol. Minuman yang mengandung alkohol tidak baik bagi kesehatan ginjal dan organ-organ tubuhmu lainnya.

Alih-alih mengkonsumsi alkohol, akan lebih baik kalau kamu mengkonsumsi lebih banyak air putih saja ya.

 

Sekian pembahasan mengenai gaya hidup sehat ini. Sebenarnya, menerapkan pola hidup sehat ini tidaklah sulit. Kita hanya perlu jadi terbiasa dan konsisten menjalankan gaya hidup sehat tersebut.

Dengan pola hidup yang baik, kesehatan kita akan jauh lebih terjaga. Kamu pun juga bisa lebih terhindar dari penyakit.

Semoga artikel diatas bermanfaat ya. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya,