Tutorial Membuat Website Mudah beserta Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memulainya

oleh -431 views

Pendahuluan

Berbagiruang.com – Website merupakan salah satu platform internet yang paling banyak digunakan untuk mengakses berbagai jenis informasi. Karena pengguna internet yang mengakses website ini sangat banyak, maka tak mengherankan apabila keberadaan website ini sangat populer.

Dan bahkan, wajib untuk para pemilik bisnis. Tujuannya agar para pengguna internet lebih mudah menemukan informasi mengenai bisnis/usaha yang kamu kelola melalui internet.

Menyewa jasa pembuatan website terkadang membutuhkan budget yang cukup besar, sehingga tidak semua orang bisa mengusahakannya. Nah, buat kamu yang ingin buat website sendiri. Kali ini kita akan membahas tutorial membuat website yang mudah dan praktis.

Hal yang Harus Anda Perhatikan dalam Membuat Website

Pilih platform pembuatan website

Tips pertama, kamu harus tahu platform mana yang ingin kamu gunakan untuk membuat website. Saat ini tersedia banyak sekali platform yang bisa kamu manfaatkan. Contohnya : blogspot.com, wordpress.com, wordpress.org, wix.com dan sejenisnya.

Untuk keperluan bisnis, saya sarankan agar kamu menggunakan wordpress.org agar terlihat lebih professional. Selain itu, dengan menggunakan wordpress.org kamu bisa lebih mudah mengkostumisasikan website yang kamu bangun.

Pilih domain dan hosting

Anggap saja, kamu memilih wordpress.org. Maka, langkah selanjutnya kamu harus memilih domain dan hosting yang akan kamu gunakan. Domain merupakan alamat atau nama yang terkait dengan IP fisik di internet. Sementara itu, hosting bisa kamu ibaratkan sebagai tempat yang kamu sewa untuk membangun websitemu.

Domain yang paling banyak digunakan sendiri adalah yang memiliki ekstensi .com. Untuk hostingnya, kamu bisa berlangganan paket hosting di beberapa perusahaan penyedia jasa hosting terkenal di Indonesia. Sebut saja, ada Niagahoster, Hostinger, Rumah Web, Dewa Web dan sejenisnya.

Jika kamu menggunakan wordpress.com atau blogspot.com, kamu tidak perlu membeli domain dan hosting karena sudah disediakan secara gratis. Hanya saja, fitur hostingnya terbatas. Domainnya juga menggunakan subdomain .wordpress.com atau .blogspot.com. kamu tetap bisa meng-upgrade hostingnya. Hanya saja, mungkin dengan harga yang lebih mahal.

Tips Membuat Website

Setelah kamu menentukan 2 hal diatas, selanjutnya kamu bisa mulai membuat websitemu. Untuk web dengan domain dan hosting sendiri, kamu bisa log in ke cPanel dan gunakan plugin install wordpress secara praktis. Ikuti petunjuk dan langkah-langkah yang ada. Cara ini mungkin terbilang rumit untuk pemula.

Untuk yang berbasis blogspot atau wordpress.com, kamu bisa langsung mengakses platform tersebut (www.blogspot.com atau www.wordpress.com) kemudian klik daftar atau buat akun, ikuti langkah-langkah pembuatan website selanjutnya. Seperti pemilihan tema, mengisi alamat URL web dan sejenisnya”. Jika langkah-langkah tersebut sudah kamu ikuti, itu artinya websitemu sudah selesai dibuat. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti langkah akhir nomor 4 dan 5 berikut ini.

Kostumisasikan Websitemu

Tips keempat, kamu bisa mengkostumisasikan website yang kamu miliki. Kamu bisa memasang template yang kamu inginkan, menginstal plugin (untuk yang menggunakan paket hosting, karena yang gratisan tidak memiliki opsi install plugin tambahan seperti Yoast SEO), atur tata letak website, dan sejenisnya.

Publish Artikel Pertamamu

Tips kelima, kalau wadahnya sudah siap. Inilah saat dimana kamu bisa mempublish artikel pertama yang kamu buat. Artikel-artikel inilah yang menjadi isi website yang kamu buat. Tanpa artikel, maka websitemu tidak akan berfungsi berjalan optimal.

Tutorial Membuat Website

Tiutorial Membuat Website dengan Blogspot.com

  • Akses website Blogger di https://www.blogger.com/. Jika sudah terbuka klik menu “Create Your Blog” atau “Buat Blog”.
  • Kamu akan diarahkan untuk login akun gmail. Ini merupakan cara termudah untuk membuat akun blogspot. Masukkan username dan password akun Googlemu.
  • Akan muncul halaman “Selamat Datang di Blogger” dan kotak konfirmasi profil akun. Isi kolom yang tersedia dengan nama yang ingin kamu tampilkan di blogmu. Klik, “Lanjutkan ke Blogger”
  • Setelah selesai, kamu akan mendapati tampilan selamat datang lagi. Akun bloggermu sudah berhasil dibuat. Selanjutnya, kita akan lanjut membuat blog baru dengan klik “Create New” yang ada dibawah halaman utama.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman pop up. Pada bagian “Title” masukkan nama blog. Di bagian ‘Address” masukkan URL yang akan digunakan sebagai alamat website. Alamat ini secara otomatis akan diikuti dengan subdomain blogspot.com. Di bagian “Theme” pilih tema yang ingin kamu gunakan di website.
  • Langkah terakhir, klik “Create Blog”. Sekarang websitemu sudah siap, kamu sudah bisa membuat post dan mengatur isi website tersebut ya.

Tutorial Membuat Website dengan WordPress.com

  • Akses website WordPress.com di link berikut ini : https://wordpress.com/
  • Setelah berada di dashboard website, klik “Start Your Website”
  • Pada bagian Let’s Get Started, kamu bisa memilih opsi buat website. Agar lebih mudah, kamu bisa sign up dengan akun Google yang sudah kamu miliki. Langsung saja klik “Continue with Google.”
  • Masukkan username dan password. Akan muncul halaman verifikasi 2 langkah, Klik “Dapatkan Kode Verifikasi di”
  • Masukan kode OTP yang dikirimkan pada nomor ponsel yang terdaftar di akun Google. Kalau sudah, klik “Berikutnya.”
  • Di halaman Choose Domain. Masukkan URL yang ingin kamu gunakan untuk website. Di bawah pilihan nama domain, akan muncul nama domain yang tersedia dan juga opsinya (berbayar atau tidak). Untuk menggunakan layanan hosting gratis dari WordPress.com, pilih menu pertama yang ada tulisan free-nya. Klik “Select”. Dalam hal ini kita akan menggunakan subdomain wordpress.com
  • Muncul halaman, “Choose a Plan”. Untuk tetap menggunakan layanan gratis. Pilih “Start with a free site” yang ada di bagian atas.
  • Pada halaman “Where Will You Start”, klik menu “Build” untuk mulai membangun website.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman pemilihan tema. Pilihlah tema yang kamu inginkan untuk websitemu. Untuk melihat preview suatu tema, arahkan kursormu di tengah tema tersebut. Lalu klik “Preview”. Jika sudah yakin dengan tema tersebut, klik “Start With …”
  • Kamu bisa mengkostumisasikan website milikmu.
  • Pada menu Home, klik menu penamaan website. Kamu akan diarahkan ke halaman General Setting. Masukkan nama website di bagian “Title”
  • Masih dalam halaman yang sama, masukkan icon web. Pilih bahasa dan zona waktu. Jangan lupa klik, “Save”
  • Kemudian pada bagian bawah Zona Waktu (masih di halaman yang sama), klik “Launch Site” untuk mengonlinekan website tersebut karena saat ini statusnya masih coming soon.
  • Setelah itu, akan muncul kembali menu pemilihan domain. Scroll sampai bawah, klik “Skip Purchase”
  • Klik “Start with a free site”
  • Akan muncul halaman launching website. Setelah selesai kamu akan kembali lagi ke halaman websitemu. Kamu bisa mulai mengatur websitemu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
  • Selesai. Websitemu sudah online.

 

Kesimpulan

Untuk 2 tutorial membuat website dengan WordPress.com dan blogspot.com diatas, kamu masih menggunakan subdomain dan hosting gratis ya. Untuk transfer domain dan hosting, kamu bisa berlangganan terlebih dahulu di penyedia jasa website ya dan request untuk transfer domain dan hosting yang sudah kamu miliki.

Penyedia layanan hosting tersebut akan membantumu, karena ini merupakan salah satu layanan yang mereka sediakan. Atau kamu juga bisa berlangganan paket domain dan hosting premium yang disediakan oleh Blogger dan WordPress (biasanya dengan harga lebih mahal).

Nah, itulah beberapa tutorial membuat website mudah untuk pemula. Semoga artikel di atas bermanfaat ya, terutama untukmu yang saat ini sedang ingin membuat sebuah website.