Pengertian Landing Page dan Jenis serta Manfaatnya

oleh -678 views

Berbagiruang.com – Pernahkah kamu mengklik iklan yang ada di Google ketika kamu mengetikkan kata kunci tertentu? Contoh, ketika kamu mencari “Sabun Mandi Terbaik” di Search engine. Di halaman atas ada iklan produk sabun yang direkomendasikan untukmu.

Ketika kamu mengklik link tersebut, kamu akan diarahkan ke suatu halaman (biasanya one page) yang sebagian besar berisi konten promosi. Mulai dari perkenalan produk/jasa yang diiklankan, keunggulan, harga, dan tombol CTA (Call to Action) untuk pemesanan, subscribe, langganan email, layanan kontak person dan lain sebagainya.

Ya, itulah Landing Page dan manfaatnya tentu saja untuk menarik minat konsumen atau pengunjung potensial yang ditargetkan. Nah, di pembahasan kali ini. Kita akan membahas lebih lanjut tentang Manfaat Landing Page dan juga pengertiannya.

Simak ulasannya lebih lanjut dibawah ini ya,

Apa Itu Landing Page?

Agar kita lebih paham tentang Landing Page ini, berikut pengertian dan juga karakteristiknya serta bedanya dengan Homepage yang kerap kali membuat orang bingung.

Pengertian Landing Page

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Landing Page merupakan halaman dalam website yang didesain khusus untuk tujuan promosi. Dalam membangunnya pun didasarkan pada mindset marketing. Landing page ini akan ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil paid search atau pencarian berbayar (iklan).

Landing Page ini akan mengarahkan user ke arah yang diinginkan secara spesifik. Contohnya : untuk menarik user agar menggunakan dan membeli jasa/produk yang ditawarkan.

Perbedaan Landing Page dan Home Page

Terkadang, kita sulit membedakan antara Landing Page dan Homepage ini. Terlebih, bentuknya hampir serupa. Hanya saja, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Homepage ini berfungsi secara umum sebagai halaman muka atau beranda website yang memiliki tampilan dan fungsi umum. Sementara Landing Page memiliki fungsi yang lebih spesifik, yakni ke arah strategi marketing.

Jika diibaratkan sebagai rumah, Homepage merupakan beranda depan rumah. Sementara itu, Landing Page merupakan “wajah” atau bagian dari rumah yang menarik minat pengunjung.

Agar lebih mudah membedakan keduanya lagi, mari kita bahas karakteristiknya masing-masing :

Karakteristik Homepage

  • Membuat tampilan utama sebuah website.
  • Halaman pertama yang dilihat ketika membuka sebuah website secara organic dengan mengetikkan alamat website langsung pada mesin pencari.
  • Memiliki tombol navigasi menuju halaman penting lainnya dalam sebuah website.
  • Etalase bagi pengunjung untuk mempelajari semua produk atau jasa yang ditawarkan. Memberikan informasi umum.

Karakteristik Landing Page

  • Memiliki fungsi khusus dalam sebuah website, untuk mengajak pengunjung menggunakan jasa/produk yang dipromosikan .
  • Mendorong pengguna untuk fokus pada satu produk/layanan kemudian membelinya.
  • Muncul melalui pencarian berbayar, ada di halaman teratas.
  • Mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu. Oleh karena itu, Landing Page selalu dilengkapi tombol CTA.

Bagaimana? Sekarang kamu bisa lebih mudah membedakan Homepage dan Landing Page, bukan?

 

Jenis-Jenis Landing Page

Sebelum mulai membahas manfaat Landing Page ini. Mari kita bahas jenis-jenisnya terlebih dahulu. Secara umum, Landing Page terbagi menjadi 2 jenis yakni Landing Page Click Through dan Lead Generation. Berikut ini pembahasan singkatnya :

  • Landing Page Click Through : Memuat informasi lebih detail mengenai suatu produk/layanan dengan penawaran yang lebih spesifik pada user tertentu. Dilengkapi tombol CTA yang akan mengarahkan user ke halaman registrasi atau ke halaman selanjutnya. Landing Page jenis ini sering ditemui di E-Commerce atau Toko Online.
  • Landing Page Lead Generation : hampir sama dengan jenis Click Through. Hanya saja, lebih singkat. Fokusnya lebih ke konversi user yang dirancang khusus untuk mengumpulkan lead secara langsung.

Juga dilengkapi dengan tombol CTA pada halaman yang dibuat. Hanya saja, tombol ini seperti form untuk memperoleh data pengunjung, baik untuk kebutuhan pembelian sebuah produk atau pendataan user yang masuk kesana.

Dalam landing page jenis ini, pengunjung bisa langsung melakukan pembelian atau pengisian data di halaman tersebut tanpa harus pindah halaman. Tidak sepertimu Click Through yang mengarahkan pengunjung ke halaman lainnya.

Landing Page Lead Generation ini lebih sering digunakan untuk pendaftaran webinar, konsultasi layanan profesional, kupon diskon dan juga akses trial untuk layanan baru.

Manfaat Landing Page

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pembuatan Landing Page :

  • Media promosi

Manfaat pertama dari Landing Page ini adalah sebagai media untuk promosi. Kamu bisa memasukkan informasi singkat dan pastinya menarik minat para pelanggan disini. Penggunaan kalimat-kalimat marketing yang menarik dan persuasif sangat dibutuhkan disini.

Dengan Landing Page, kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan menarik minat mereka untuk menggunakan jasa/produk yang ditawarkan.

  • Meningkatkan Conversion Rate

Apa itu Conversion rate? Merupakan persentase pengunjung website yang melakukan tindakan menguntungkan bagi pemilik bisnis dari total pengunjung website. Untuk menghitung conversion rate ini, kamu bisa membagi jumlah konversi yang terjadi di satu halaman website dengan total pengunjung halaman tersebut. Kemudian, kalikan dengan 100.

Sebagai sarana promosi, Landing Page ini bisa meningkatkan Conversion Rate suatu website. Pengunjung tidak hanya akan sekedar mengunjungi situsmu saja. Melainkan, melakukan berbagai aksi yang dapat menguntungkanmu.

Seperti contohnya, berlangganan newsletter, mendaftar jadi member, melakukan pembelian dan sejenisnya.

Semakin tinggi Conversion Ratenya maka akan semakin baik pula. Conversion Rate yang tinggi bahkan dapat mendorong pengunjung untuk masuk ke dalam marketing funnel yang lebih dalam.

  • Untuk mendapatkan data leads

Landing page juga berfungsi untuk mendapatkan data konsumen/pengunjung sehingga kita bisa menentukan strategi yang akan dilakukan selanjutnya. Hal ini memang tergantung pada jenis Landing Page yang digunakan, terlebih tipe Lead Generation.

  • Meningkatkan Kredibilitas dan Brand Awareness

Manfaat Landing Page yang selanjutnya adalah meningkatkan kredibilitas dan brand awareness dari suatu produk/layanan. Informasi lengkap yang ada di Landing Page, serta testimoni pelanggan yang kerap kali diikutsertakan dalam Landing Page ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan dan minat pengunjung.

Landing Page ini juga merupakan salah satu cara melakukan branding yang cukup murah. Terlebih dengan tampilan Landing Page yang benar-benar bisa menggambarkan suatu bisnis. Maka, branding produk/jasa perusahaan akan semakin meningkat.

Dibandingkan dengan iklan di TV atau endorse, Landing Page ini lebih menguntungkan dari segi biaya. Semua jenis promosi tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, akan lebih baik apabila Anda melengkapi semuanya guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa Landing Page merupakan sebuah halaman website yang dirancang khusus untuk tujuan marketing. Landing Page memuat tombol CTA yang mengajak pengunjung untuk melakukan aksi tertentu yang menguntungkan pemilik website.

Sekian pembahasan kali ini, semoga artikel diatas bermanfaat ya.