Tips Bisnis Pulsa untuk Pemula Auto Cuan!

oleh -321 views

Berbagiruang.com – Zaman serba digital ini, hampir semua generasi membutuhkan handphone. Untuk itu, bisnis pulsa merupakan peluang yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi untuk ibu rumah tangga maupun pelajar. Lalu bagaimana tips bisnis pulsa untuk pemula?

Bisnis pulsa memang memiliki risiko yang cukup rendah. Sehingga bisnis ini cocok untuk mengisi waktu luang. Namun meski begitu, perlu tips yang benar apalagi untuk pemula. Agar untung dan bukannya rugi. Untuk itu simak dengan baik ulasan berikut ini.

Peluang Bisnis Pulsa di Era Digital

Peningkatan pengguna handphone membuka peluang bisnis baru untuk bisnis pulsa maupun internet. Terlebih di era pandemic semua lapisan masyarakat perlu handphone dan pulsa untuk menjalankan kegiatannya.

Seperti belajar di rumah, WFH, workshop dan banyak kegiatan lain yang memerlukan handphone dan pulsa. Apalagi untuk memulai bisnis pulsa ini tidak memerlukan modal biaya yang besar. Karena bisa dijalankan di rumah dan pendaftaran bisa dilakukan secara online.

Alasan Bisnis Pulsa Memiliki Peluang Baik

Bisnis pulsa dengan menjadi agen memiliki peluang usaha yang bagus. Terdapat beberapa alasan yang bisa menguatkan pendapat tersebut, diantaranya.

  1. Peningkatan kebutuhan handphone di era digital
  2. Membutuhkan modal yang minim
  3. Memiliki target pasar yang luas, bak ekonomi rendah bahkan ekonomi atas
  4. Bisa dijadikan usaha sampingan
  5. Bisa dijalankan tanpa harus membuka kios
  6. Memiliki risiko yang rendah.

Risiko Bisnis Pulsa

Meski memiliki risiko yang rendah, dalam menjalankan sebuah bisnis pasti ada risikonya. Untuk itu sebelum kamu memutuskan untuk menjadi agen pulsa, alangkah lebih baik untuk mengetahui apa saja risikonya. Berikut beberapa risiko bisnis pulsa.

1. Risiko Kehilangan Deposit

Risiko yang pertama adalah kamu bisa saja kehilangan deposit akibat kecurangan pemilik server. Hal ini kerap terjadi dikarenakan server di hack atau di retas. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu memiliki distributor pulsa yang terpercaya.

Dengan melakukan riset sebelum memutuskan menggunakan distributor tersebut. Selain itu, saat kamu baru menjalin mitra dengan distributor tersebut, kamu bisa melakukan deposit dalam skala kecil.

2. Server Lemot

Saat server mengalami error dan lemot yang membuat saldo lama masuk. Dan menimbulkan beberapa pelanggan komplain. Untuk mengatasi hal ini kamu juga perlu melakukan riset distributor yang memiliki server baik.

Tips Bisnis Pulsa untuk Pemula

Setelah membahas sedikit hal mengenai bisnis pulsa. Berikut kita ulas pembahasan utama mengenai tips bisnis pulsa untuk pemula yang benar. Agar usaha kamu untung dan bukannya rugi.

1. Kios Counter

Kios atau counter untuk berjualan pulsa memang bisa menunjang usaha pulsa. Karena dirasa lebih mudah mengenalkan produk yang kita jual kepada masyarakat sekitar lokasi. 

Namun sebagai pemula apalagi dengan modal minim, kamu bisa memulainya dengan memasarkan secara online. Untuk mengenalkan produk yang kamu jual, bisa melalui media sosial yang kamu miliki. Lebih efisien, apalagi jika kamu memiliki jaringan yang luas.

2. Produk Terkait Pulsa

Sebagai agen pulsa, kamu bisa menjual produk terkait pulsa seperti paket internet, token PLN, voucher, maupun aksesoris handphone lainnya. Dengan begitu, selain bisa membeli pulsa, pelanggan juga bisa membeli perlengkapan handphone lain yang dibutuhkan.

3. Hemat Belanja

Hemat belanja, dalam menjalankan bisnis ini memang perlu handphone. Namun kamu tidak perlu membeli handphone baru, apalagi jika masih baru memulai. Gunakan sumber daya yang ada dengan memakai handphone pribadi.

Jika memang perlu membeli handphone baru, belilah handphone sesuai kebutuhan. Apalagi dalam bisnis ini, tidak memerlukan handphone yang terlalu canggih. 

4. Promosi

Tips bisnis pulsa untuk pemula yang keempat adalah lakukan promosi. Promosi bisa dilakukan melalui orang terdekat.Bisa dari mulut ke mulut dengan menyampaikan atau menawarkan pulsa. 

Agar bisnis kamu lebih diketahui banyak orang, gunakan social media yang kamu miliki.

5. Gunakan Aplikasi dan Distributor

Ada banyak distributor dan aplikasi jualan pulsa yang bisa kamu pilih. Distributor dan aplikasi jualan pulsa memberikan sejumlah layanan pulsa all operator, paket data, internet, PLN baik prabayar dan pascabayar, PDAM dan banyak pelayanan sejenis lainnya.

Untuk itu, pemilihan aplikasi jualan pulsa terpercaya penting dalam menunjang usaha. Untuk itu kamu perlu melakukan riset agar bisa mendapatkan aplikasi jualan pulsa atau distributor yang terpercaya.

6.  Pembukuan

Tips bisnis pulsa untuk pemula yang terakhir adalah melakukan pembukuan. Bisnis yang baik harus memiliki pembukuan yang teratur. Pembukuan ini bertujuan untuk mengetahui catatan dana yang keluar dan masuk. 

Dengan melakukan pembukuan, kamu akan mendapatkan banyak manfaat, apalagi bagi pemula.Catatan yang ada bisa mempermudah kamu dalam melakukan analisa untung dan rugi. Jadi kamu bisa melakukan evaluasi dari strategi penjualan yang kamu lakukan.

Jualan Pulsa di Shopee

Perkembangan zaman membuat kamu bisa lebih mudah dalam berbisnis. Salah satunya dengan jualan pulsa di Shopee yang merupakan salah satu ecommerce di Indonesia. Untuk berjualan pulsa di shopee ada 4 syarat yang harus kamu penuhi yaitu.

  1. Memiliki akun di Shopee
  2. Buat toko di shopee
  3. Bergabung dengan menjadi mitra di shopee
  4. Siapkan produk pulsa yang dijual.

Setelah memenuhi syarat diatas, kamu bisa langsung melakukan jual-beli pulsa melalui shopee. Berikut cara jualan pulsa di Shopee.

Cara Jualan Pulsa di Shopee

Setelah memenuhi syarat di atas, kamu bisa langsung berjualan di shopee. Terdapat 2 cara jualan pulsa di shopee, yaitu via aplikasi maupun mitra shopee. Langsung saja kita simak caranya.

1. Via Aplikasi

Cara yang pertama kamu bisa melakukan melalui aplikasi shopee dengan beberapa langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi shopee di handphone kamu
  • Masuk akun shopee yang kamu gunakan
  • Buka menu toko saya
  • Tambahkan produk dengan menambahkan rincian dan bagaimana prosedur pemesanannya
  • Jika sudah, kamu bisa klik simpan
  • Dan tunggu  hingga ada yang melakukan pemesanan.

Usaha jual-beli pulsa melalui shopee ini lebih banyak diminati, karena dirasa lebih efisien dan mudah. Cukup melalui handphone sudah bisa melakukan transaksi.

2. Mitra Shopee

Cara yang kedua bisa melalui mitra shopee. Namun dengan cara ini kamu perlu unduh aplikasi mitra shopee terlebih dahulu. Berikut langkah – langkah lengkapnya.

  • Setelah download aplikasi, masuk akun yang kamu miliki
  • Dan lakukan langkah verifikasi, setelah berhasil maka kamu bisa isikan saldo mitra untuk transaksi
  • Tentukan banyaknya saldo yang ingin kamu isi
  • Bayar top up saldo, dan kamu bisa memilih jualan yaitu “Pulsa”
  • Setelah itu kamu tinggal ikuti langkah yang ada, dan selesai.

Jadi bagaimana? Lebih mudah menggunakan aplikasi atau mitra shopee? Pilihan ada pada kamu.

Penutup

Itu dia tips bisnis pulsa untuk pemula yang benar hingga cara jualan pulsa di shopee. Bagaimana? Lebih mudah cara jualan secara langsung apa online? Kamu bisa pilih cara terbaik menurut kamu. Semoga berhasil.