8+ Ide Jualan Makanan Kekinian Terbaru

oleh -544 views

Berbagiruang.com – Perkembangan teknologi yang cepat seperti sekarang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satunya sebagai peluang untuk menambah penghasilan. Misalnya dengan bisnis makanan online. Anda bisa memulai dengan jualanan makanan online yang bermodal kecil.

Ada banyak ide jualan makanan kekinian yang bisa Anda pilih. Dengan menggunakan smartphone, Anda bisa membuka bisnis makanan online di rumah. Bisnis ini bisa dilakukan oleh mahasiswa atau siapapun. 

Berikut 10 ide usaha makanan untuk pemula yang bisa Anda pilih.

10 Ide Jualan Makanan Kekinian

Membuka bisnis makanan kreatif dapat memberikan penghasilan yang tidak bisa diremehkan. Berikut beberapa makanan kekinian yang akan populer dan bermodal kecil yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai usaha. 

1. Makaroni Pedas

Ide jualan makanan kekinian yang pertama ini adalah makanan murah meriah dan selalu bikin ketagihan terutama bagi yang suka pedas. Cemilan ini biasanya dijual dengan dua pilihan, yaitu makaroni kering dan makaroni basah.

Anda dapat menyediakan beberapa pilihan bumbu pedas, mulai dari pedas sedang hingga ekstra pedas. Khusus makaroni kering, masa simpan cemilan ini bisa lebih lama sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir makanan akan cepat basi.

2. Kebab

Makanan yang berasal dari Turki ini sudah banyak disukai masyarakat Indonesia. Anda bisa berinovasi dengan membuat kebab yang ukurannya lebih kecil dari kebab pada umumnya. Sehingga Anda dapat menjualnya dengan harga yang lebih terjangkau konsumen. 

Sensasi lelehan keju dan berbagai irisan daging ini cocok disantap sambil membaca buku di rumah. Atau bisa juga menjadi teman ngemil ketika bosan. 

3. Pizza Goreng

Ide jualan makanan kekinian selanjutnya adalah pizza goreng dalam bentuk mini. Makan ini bisa dijadikan salah satu ide bisnis makanan ringan. Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal kecil namun berpotensi mendapatkan untung yang besar. 

Bahan-bahan yang Anda perlukan antara lain, kulit lumpia dengan isian daging, saus tomat, dan keju. Dengan harga yang jauh lebih murah daripada pizza pada umumnya, cemilan kekinian ini tentu akan disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

4. Jamur Crispy 

Ide bisnis makanan kering ini tidak kalah banyak peminat. Hampir semua kalangan menyukai cemilan ini, terlebih bagi mereka yang vegetarian ataupun yang sedang diet. Jamur memiliki kandungan kalori yang rendah. 

Jamur crispy memiliki rasa yang enak dan gurih. Terlebih dengan taburan bumbu seperti keju, balado, dll. Cemilan ini dapat Anda jual dalam bentuk kemasan dengan harga yang terjangkau. 

5. Salted Egg Chicken 

Ide jualan makanan kekinian yang satu ini sedang menjadi tren beberapa tahun belakangan terutama dikalangan anak muda. Jika ingin menjual makanan ini, Anda hanya membutuhkan ayam goreng tepung yang diletakkan di atas nasi dengan lumuran saus salted egg di atasnya. 

Anda dapat menjualnya secara online atau bisa juga dijadikan bisnis makanan gerobak

6. Seblak

Makanan yang berasal dari Bandung ini sekarang sudah menjadi bagian makanan kekinian hampir di banyak tempat di Indonesia. Seblak biasanya dijual dalam bentuk seblak kering dan seblak kuah. Namun yang lebih banyak peminatnya saat ini adalah seblak kuah.

Kuah pedas dengan warna merah menyala ini biasanya disajikan dengan berbagai pilihan topping, seperti daging ayam, ceker ayam, bakso, mie, kerupuk, ataupun makaroni. Makan pedas ini cocok dengan lidah kebanyakan masyarakat Indonesia yang suka makan pedas.  

7. Bakso Aci

Bakso aci bisa Anda jadikan ide jualan makanan kekinian. Anda bisa memulainya dengan modal yang kecil karena bahan dasar yang dibutuhkan jauh lebih murah dibandingkan dengan bakso daging. Meskipun bermodal kecil, bisnis ini bisa memberikan untung yang besar. 

Dengan menggunakan tepung tapioka, Anda sudah bisa memproduksi bakso aci yang saat ini sedang banyak digemari. Anda dapat menjualnya secara online, bahkan dapat juga dijual dalam bentuk kemasan instan. 

8. Corndog

Makan berkonsep sederhana yang berasal dari Korea ini bisa menjadi ide jualan makanan kekinian. Meskipun menggunakan bahan yang mudah diperoleh dengan modal yang relatif kecil, makanan ini banyak penggemarnya. 

Bahan yang Anda butuhkan antara lain, sosis, tepung untuk membalut sosis, dan potongan kentang. Sosis yang ditusuk dengan tusukan sate kemudian digulung dalam larutan tepung. Selanjutnya dibalurkan dengan kentang yang dipotong kecil-kecil. 

Setelah sosis berbalut secara merata, kemudian digoreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Anda dapat menambahkan saus pedas sebagai toppingnya. 

9. Churros

Cemilan asal Spanyol ini tidak kalah banyak penggemarnya di Indonesia. Makanan ringan berbentuk mirip kecipir berukuran kecil dengan warna coklat ini memiliki potensi bisnis yang cukup bagus. 

Churros memiliki rasa legit dan garing. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini adalah tepung, telur, mentega, dan air. Meskipun bahan dan cara membuat yang mudah, kebanyakan orang lebih suka membeli agar bisa menikmatinya tanpa perlu repot membuat.

10. Banana Nugget 

Ide jualan makanan kekinian yang terakhir adalah banana nugget. Cemilan berbahan dasar pisang ini bisa dikatakan sebagai cemilan yang selalu digemari masyarakat. Pisang yang dibalut dengan adonan telur dan tepung roti lalu digoreng hingga renyah ini selalu laku dipasaran.

Anda dapat memberikan berbagai pilihan topping, seperti coklat, stroberi, matcha, kacang, dll. Cemilan ini biasanya dijual per porsi dalam box atau Anda bisa menjualnya berdasarkan permintaan konsumen. 

Anda dapat memilih ide jualan makanan kekinian yang sesuai dengan Anda dan tentunya sesuai dengan target pasar. Bahkan ide bisnis makanan online ini dapat diperoleh dengan mengamati orang-orang di sekitar Anda. 

Berjualan makanan online sangat mungkin dilakukan oleh mahasiswa, ibu rumah tangga, ataupun karyawan. Anda dapat menjadikan bisnis makanan ini sebagai pendapatan sampingan bahkan utama dengan berbagai kelebihan yang dapat Anda rasakan.

Kelebihan Berjualan Makanan Online

Ada banyak kelebihan yang bisa diperoleh dengan berjualan makanan online. Kelebihan-kelebihan yang bisa Anda dapatkan antara lain:

  1. Dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.
  2. Dapat berjualan hanya dari rumah. Dengan demikian Anda tidak memerlukan biaya untuk menyewa ruko ataupun tempat untuk berjualan.
  3. Jangkauan penjualan lebih besar. Berjualan makanan secara online bisa mendatangkan konsumen dari manapun tanpa mereka perlu datang, sehingga Anda bisa mendapatkan konsumen dengan jumlah yang lebih banyak.
  4. Dapat menjual sesuai pesanan. Hal ini dapat menghindari banyaknya makanan basi dan tidak terjual.
  5. Mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dengan berjualan secara online di rumah, Anda dapat menekan biaya sewa tempat sehingga keuntungan yang didapat bisa lebih maksimal.

Ide bisnis makanan kekinian di atas serta kelebihan dari berjualan makanan online ini bisa Anda jadikan referensi dan pertimbangan untuk memulai bisnis. Dengan modal yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.