Cara Memulai Usaha Ternak Modal 300 Ribu Cuan Banyak!

oleh -437 views

Berbagiruang.com – Banyak orang berpikir untuk memulai usaha peternakan dibutuhkan modal uang yang sangat besar. Padahal siapapun bisa memulai usaha ternak modal 300 ribu saja dan sudah memiliki potensi keuntungan yang besar. 

Dengan berbagai penyesuaian, siapapun bisa memulai usaha ternak modal kecil. Namun, binatang apa yang diternakan hanya dengan modal 300 ribu saja. Berikut akan dibahas mengenai ide usaha ternak dengan modal terbatas. 

6 Ide Usaha Ternak Modal 300 Ribu Saja 

Jika para pemula dalam dunia usaha berniat untuk membuka peternakan hewan seperti sapi, domba, dan sebagainya. Tentu saja, modal sebesar 300 ribu tidak akan cukup untuk menjalankannya. 

Ada pilihan hewan ternak lain yang bisa menjadi pilihan, namun potensi keuntungannya besar dan sama menjanjikannya dengan hewan ternak lain yang lebih umum. Berikut ini adalah 6 ide usaha ternak yang bisa dilakukan dengan modal 300 ribu saja.

1. Tetap Menguntungkan dengan Ternak Semut Kroto 

Usaha ternak modal 300 ribu pertama adalah peternakan semut kroto. Peternakan semut kroto memang merupakan salah satu jenis ternak yang kurang umum dan jarang ditemukan di Indonesia. 

Namun, hal inilah yang malah membuat potensi ternak ini sangatlah besar. Karena adanya potensi pasar yang besar dengan minim persaingan. 

Untuk memulai usaha ternak semut kroto ini, Anda hanya membutuhkan modal Rp300.000 saja. Bahkan, bisa kurang jika Anda bisa menemukan bibit semut kroto dengan harga yang lebih terjangkau. 

Bibit semut kroto sendiri harganya hanya mulai Rp25.000. Anda tidak memerlukan lahan yang luas untuk memulainya. Karena semut kroto bisa dirawat dan dipelihara di rak kayu dan toples-toples plastik sebagai sarang saja. 

2. Raih Pasar yang Luas dengan Berternak Lele 

Lele merupakan salah satu jenis ikan favorit masyarakat Indonesia. Pasar dan permintaan akan ikan lele sangatlah tinggi. Ternyata, untuk memulai ternak ikan lele ini tidak dibutuhkan dana yang besar. 

Apalagi, jika Anda memiliki lahan sendiri yang bisa diakali untuk membuat kolam ikan lele. Alasan mengapa modal untuk ternak lele tidak begitu besar, karena ikan lele yang relatif mudah cara perawatannya. 

Bibit ikan lele sendiri harganya hanya Rp1.000 untuk ukuran 15-18 cm. Untuk pakannya juga sangat terjangkau dan tidak perlu perawatan khusus. 

3. Untung Besar dengan Ternak Ikan Hias 

Memelihara ikan hias masih menjadi hobi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal inilah yang menjadi peluang untuk melakukan bisnis ternak ikan hias. Apalagi, untuk memulai bisnis ini, Anda tidak memerlukan lahan yang luas. 

Karena ikan hias bisa dirawat dan dijual di aquarium-aquarium saja. Bibit dan perawatan ikan hias juga cenderung mudah. Asal Anda rajin memeriksa dan membersihkan akuarium saja. 

4. Modal Kecil Untuk Ternak Jangkrik 

Tidak ada yang menyangka hewan kecil seperti jangkrik bisa membawa keuntungan besar jika diternakan. Jangkrik banyak dicari untuk pakan hewan terutama burung, biasanya juga dicari untuk dijadikan umpan memancing. 

Ternak jangkrik sangatlah mudah karena tidak memerlukan perawatan khusus, pakannya bisa dicari di alam dan harga bibitnya sangat murah. Tidak heran, jika untuk memulai bisnis ternak jangkrik dibutuhkan modal kurang dari 300 ribu saja. 

5. Keuntungan Melimpah dengan Ternak Burung Puyuh  

Usaha ternak modal 300 ribu berikutnya adalah dengan beternak burung puyuh. Keuntungan dari ternak burung puyuh dijamin akan sangat besar. Karena Anda tidak hanya bisa menjual daging burung puyuh saja. 

Namun juga bisa menjual telur burung puyuh yang merupakan bahan makanan favorit masyarakat Indonesia. Usaha ternak satu ini bisa sangat terjangkau karena cara merawat burung puyuh mudah dan tidak ada perawatan khusus selain kebersihan dan makanan. 

6. Membuka Usaha Ternak Kelinci 

Kelinci bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk membuka usaha ternak dengan modal kecil. Sama seperti burung puyuh, ada banyak potensi dari usaha ternak kelinci ini. Anda bisa beternak kelinci baik untuk diambil dagingnya. 

Anda juga bisa mengambil kelinci dan dirawat untuk dijual sebagai hewan peliharaan.  Seperti yang diketahui, daging kelinci merupakan salah satu daging yang digemari masyarakat Indonesia. 

Kelinci juga kerap kali menjadi hewan peliharaan favorit banyak orang. Jadi, potensi pasar dari ternak ini sangatlah besar. 

Cara Memulai Usaha Ternak Modal 300 ribu 

Setelah membahas ide usaha ternak modal 300 ribu, selanjutnya akan dibahas bagaimana cara memulai usaha ternak ini. Karena memang ada banyak hal yang harus disiapkan oleh Anda. Mulai dari persiapan modal material sampai mental. 

Berikut ini ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan dalam membuka peternakan. Tentu saja, Anda bisa melakukannya dengan modal uang yang minim. 

1. Tentukan Hewan Apa yang Akan Diternakan 

Sebelum membuka usaha peternakan, tentu saja, Anda harus menentukan lebih dahulu. hewan apa yang akan diternakan, Anda bisa memilih salah satu ide usaha ternak modal 300 ribu yang sudah disebutkan di atas. 

Mungkin saja, Anda punya opsi hewan lain yang tidak kalah menguntungkannya. Anda bisa mempertimbangkannya dari berbagai aspek dan keuntungannya. 

2. Siapkan Dana yang Dibutuhkan 

Cara selanjutnya untuk membuka usaha ternak modal minim ini adalah menyiapkan dana. Anda bisa membuat rincian terlebih dahulu, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan modal. 

Besaran dana yang Anda butuhkan sangat bergantung pada bagaimana cara Anda mengelola peternakan nanti. Jadi, rencanakan dari awal dengan sangat baik dan teliti. 

3. Pilih Bibit Ternak yang Bagus

Jika Anda ingin bisnis ternak sukses, maka kuncinya ada pada pemilihan bibit. Bibit ternak yang bagus pastinya akan menghasilkan hewan yang unggul, sehat, dan tidak mudah sakit. Karena itu, Anda harus lebih ekstra hati-hati dalam menentukan. 

Sebelum membeli, lakukan riset terlebih dahulu mengenai hewan yang ingin Anda ternakan. Jangan termakan harga bibit yang murah. Karena mungkin saja, harga murah yang diberikan karena kualitasnya yang kurang pula. 

Karena itu, kenali dulu ciri dari bibit ternak yang unggul. pelajari secara mendalam sebelum membeli bibit hewan ternak. 

4. Pelajari Secara Mendalam Cara Merawat Ternak 

Bibit hewan ternak yang unggul pastinya akan sia-sia jika tidak dirawat dengan baik. Karena itu, sebelum memulai usaha ternak, pastikan Anda sudah mempelajari secara mendalam bagaimana cara merawat hewan ternak yang Anda pilih. 

Walaupun Anda memilih hewan ternak dengan perawatan yang mudah. Ada baiknya Anda tidak meremehkan dan tetap mempelajari cara merawat yang baik dan tepat. Hal ini agar hewan ternak bisa tumbuh dengan baik dan memberikan keuntungan bagi Anda. 

Itulah cara memulai usaha ternak modal 300 ribu dan berbagai ide yang bisa digunakan. Siapa bilang usaha ternak identik dengan modal dana yang besar. Dengan pilihan hewan ternak yang tepat, Anda bisa membuka usaha ternak dengan modal 300 ribu saja.