Syarat dan Cara Membuka Usaha Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg

oleh -32 views

Berbagiruang.com – Hingga saat ini gas elpiji 3 kg masih menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Harganya yang cenderung murah menjadi alasan gas ini masih diminati. Oleh karena itu usaha agen gas elpiji memiliki peluang besar. Tapi bagaimana cara membuka usaha pangkalan gas elpiji 3 kg?

Nah, pada artikel ini kami akan memberikan informasi terkait syarat dan cara untuk membuka usaha pangkalan gas elpiji 3 kg. apa saja ketentuannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Syarat mendaftar agen gas elpiji 3 kg

Menjadi seorang agen gas elpiji berarti menjalankan mitra bisnis dengan Pertamina. Oleh sebab itu anda harus mematuhi syarat yang berlaku dan terkualifikasi sebagai agen. Dan yah, jangan lupa untuk menyiapkan modal yang cukup untuk memulai bisnis ini.

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuka usaha pangkalan gas elpiji 3 kg, berikut adalah syarat-syarat untuk mendaftar sebagai agen gas elpiji 3 kg.

  • Calon agen memiliki badan usaha berupa PT atau koperasi.
  • Scan Kartu Tanda Penduduk
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) badan usaha
  • Bukti kepemilikan atau penguasaan lahan
  • Bukti buku rekening koran 1 tahun terakhir
  • Bukti rekening atas nama badan usaha
  • Bukti deposito dan rekening giro selama 1 tahun terakhir
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) 
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Salinan bukti kepemilikan usaha sejenis (jika ada)
  • Salinan bukti kerja sama sebagai mitra PT. Pertamina (jika ada)

Itulah beberapa syarat yang harus anda lengkapi jika ingin mendaftar sebagai agen gas elpiji 3 kg. Jika anda sudah memenuhi semua syarat yang ditentukan, sekarang anda bisa langsung mendaftar menjadi agen gas elpiji 3 kg. Bagaimana caranya?

Cara mendaftar agen gas elpiji 3 kg

Cara membuka usaha pangkalan gas elpiji 3 kg berarti anda harus mendaftar sebagai agen gas elpiji 3 kg dan menjadi mitra kerja sama PT. Pertamina sebagai penyuplai gas.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat anda ikuti untuk mendaftar menjadi agen dan membuka usaha pangkalan gas elpiji.

Cara mendaftar agen gas elpiji 3 kg.

  1. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mengunjungi tautan pendaftaran agen di https://kemitraan.pertamina.com/.
  2. Setelah itu silahkan anda untuk membuat akun terlebih dahulu, dan log in menggunakan akun tersebut.
  3. Setelah berhasil masuk, silahkan anda memilih menu keagenan LPG pada laman beranda, dan klik Daftar Sekarang.
  4. Langkah selanjutnya, anda tinggal mengisikan berbagai informasi mengenai data pribadi dan badan usaha yang anda miliki, sesuai dengan apa yang diminta.
  5. Anda juga harus memasukkan lokasi tempat usaha anda sebagai lokasi pengajuan kemitraan.
  6. Jika sudah anda tinggal mensubmitnya dan menunggu informasi lanjutan dari pihak PT Pertamina.

Pendaftaran agen LPG ini tidak berakhir sampai disitu saja. Karena pada dasarnya, proses mendaftar sebagai agen gas LPG 3 kg ini memiliki beberapa tahap yang cukup panjang. 

Pada langkah awal tadi anda telah melakukan registrasi, proses selanjutnya adalah verifikasi awal yang meliputi penyeleksian kesiapan finansial (dana) dan juga kesiapan lahan usaha. 

Selanjutnya juga akan dilakukan verifikasi lapangan sebagai upaya cross check data lapangan dengan data yang sudah diinputkan dalam proses registrasi. Jika semua data lengkap dan memenuhi standar, anda akan terverifikasi sebagai mitra keagenan LPG Pertamina. 

Proses berikutnya barulah akan dilakukan perlengkapan surat perizinan dan pembangunan. Terakhir, anda sudah bisa langsung menjalankan usaha gas LPG anda.

Penutup

Jadi, demikianlah informasi terkait syarat dan cara membuka usaha pangkalan gas elpiji 3 kg. Proses yang dibutuhkan memang cukup panjang, namun ini tentu hanya di awal. Anda dapat menikmati keuntungannya setelah menjalankan bisnis ini.