Cara Membuka Usaha Toko Ban Motor Dijamin Berhasil!

oleh -39 views

Berbagiruang.com – Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna motor terbanyak di dunia. Kendaraan roda dua ini memang menjadi favorit masyarakat kita untuk bepergian. Oleh sebab itu peluang usaha ban motor sangatlah luas. Tapi, bagaimana cara membuka usaha toko ban motor?

Jika anda tertarik untuk membuka usaha toko ban motor. Pada artikel ini kami akan berikan beberapa cara untuk membuka usaha toko ban motor agar mendapatkan keuntungan yang banyak. Bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini secara lengkap!

Cara Membuka Usaha Toko Ban Motor

Hari ke hari dapat dikatakan jumlah pengguna kendaraan semakin meningkat. Tidak mengherankan, semakin banyaknya jumlah populasi manusia semakin banyak pula kebutuhan kendaraan untuk mobilitas. 

Terlebih lagi untuk kendaraan jenis motor yang sudah seperti kewajiban bagi setiap rumah untuk memilikinya. 

Melihat kondisi tersebut, maka ini bisa menjadi peluang besar bagi anda untuk memulai bisnis usaha ban motor. Jika anda tertarik untuk melakukannya, berikut adalah beberapa langkah atau cara membuka usaha toko ban motor.

1. Menyiapkan modal

Langkah awal untuk membuka suatu usaha pastilah anda harus menyiapkan modal usaha terlebih dahulu. Begitu pula pada bisnis ban motor ini, anda harus menyiapkan dana modal yang cukup untuk membuat kios atau toko ban anda, serta untuk keperluan pembelian produk.

namun sebelum memulai bisnis ini, alangkah baiknya jika anda sudah membuat perencanaan keuangan. Pisahkan uang modal dan uang untuk kebutuhan pribadi. Dengan demikian anda tidak akan khawatir jika usaha anda di awal belum berjalan lancar.

2. Menyiapkan tempat usaha

Cara membuka usaha toko ban motor berikutnya adalah anda harus menyiapkan tempat usaha atau kios untuk anda membuka toko ban. Agar usaha anda lebih lancar, tentu dalam memilih tempat jualan, anda harus mencari kios yang berlokasi strategis.

Berada di kawasan ramai kendaraan, namun tetap memungkinkan untuk orang lain melihat toko anda dengan jelas.

3. Menentukan Franchise yang tepat

Langkah berikutnya untuk memulai usaha toko ban adalah, anda harus menentukan franchise atau waralaba bengkel ban yang tepat.

Untuk memulai usaha toko ban, ada baiknya jika anda memang memulainya dengan jenis usaha waralaba. Hal ini dikarenakan bisnis ban motor merupakan salah satu bisnis yang membutuhkan modal cukup banyak. 

Di samping itu, dengan menjadi salah satu agen dari franchise tertentu ini, anda tidak perlu lagi pusing menyuplai barang dan mencari pasar. 

Anda hanya perlu menyiapkan modal, kios toko, dan juga beberapa karyawan untuk membantu anda mengatur suplai, penjualan, serta laporan-laporan lainnya.

Nah, berikut adalah rekomendasi beberapa waralaba bengkel ban motor yang bisa kamu pertimbangkan.

Planet Ban

Rekomendasi yang pertama adalah Planet Ban. Planet Ban yang sudah berdiri sejak tahun 2011 ini cukup terkenal di kalangan pebisnis toko ban. 

Produk-produk ban motor yang disediakan juga terbilang lengkap, seperti Pirelli, Michelin, Aspira Premio, Corsa, Swallow, dan lain-lain.

Mr. Montir

Berikutnya ada Mr. Montir yang juga tidak kalah terkenalnya dari Planet Ban. Franchise yang ini sudah memiliki sekitar 110 toko mitra di seluruh Indonesia. 

Produk yang disediakan juga sangat lengkap, bahkan tidak hanya ban motor, mulai dari aneka sparepart hingga jasa service motor juga tersedia.

Murah Motor

Terakhir ada Murah Motor yang menjadi salah satu waralaba favorit banyak orang. Hingga saat ini, toko mitra Murah Motor sudah tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, hingga pulau Sumatera.

Jika anda ingin memulai usaha toko ban motor, menentukan franchise yang tepat merupakan salah satu langkah paling penting. Hal ini karena franchise yang anda pilih akan menentukan besaran modal yang harus anda keluarkan. 

Selain itu, ini juga berkaitan dengan bagaimana peluang pasar atau sasaran konsumen anda kedepannya.

Penutup 

Jadi, itulah beberapa langkah dan cara membuka usaha toko ban motor yang harus kamu perhatikan.