Suka Kulineran? Ini Tipsnya Biar Tidak Gemuk

oleh -471 views

Berbagiruang.com – Apakah kamu hobi makan? Suka kulineran? Tapi, takut gemuk?

Menjaga berat badan ideal merupakan salah satu hal yang sulit. Terlebih jika kita hobi makan. Namun, bukan berarti hal tersebut tak mungkin dilakukan lho. Ada banyak sekali orang yang tetap kurus meskipun mereka suka makan.

Nah, berikut ini beberapa tips mencegah kegemukan untukmu yang suka kulineran.

  • Olahraga

Porsi makan yang banyak disertai dengan kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga merupakan salah satu faktor penyebab kenaikan berat badan terbesar. Hal ini tentunya dapat membuat jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Ketika jumlah kalori yang masuk lebih besar dibandingkan dengan jumlah kalori yang terbakar maka cadangan kalori tersebut akan disimpan menjadi lemak. Dan, alhasil tubuhmu jadi lebih gemuk.

Nah, inilah tips mencegah kegemukan pertama yakni dengan olahraga. Olahraga yang teratur akan membantumu mempertahankan berat badanmu yang sekarang. Lalu, bagaimana jika jadwalmu sangat padat sehingga kamu tidak sempat berolahraga? Nah, kamu bisa mulai membuat jadwal daily activitymu dan menambahkan olahraga di sela-sela aktivitasmu.

Waktu terbaik untuk olahraga adalah di pagi atau sore hari. Kamu bisa melakukan olahraga ringan pada pagi hari, sebelum kamu berangkat kerja. Kamu juga bisa memanfaatkan hari liburmu untuk berolahraga lho.

Untuk jenis olahraga yang bisa kamu pilih sangat beragam, contohnya saja olahraga jogging, senam lantai, senam zumba, bersepeda, olahraga di gym dan sejenisnya.

Rutin berolahraga setiap 30 menit per hari atau minimal 3 kali seminggu, akan membuat berat badan idealmu tetap terjaga. Selain mampu mempertahankan berat badan ideal, olahraga juga akan membuat tubuhmu tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

  • Perhatikan pemilihan makanan

Suka makan bukan berarti membuatmu jadi khilaf mata dan sembarangan pilih makanan. Ingat! Makanan yang kamu makan menentukan kondisi tubuhmu. Jadi, meskipun kamu hobi kulineran kamu tetap tidak boleh makan asal-asalan.

Selain rasanya, perhatikan pula nutrisi yang terkandung di dalamnya ya. Batasilah konsumsi junk food karena makanan tersebut tidak baik bagi tubuh. Nah, alih-alih mengkonsumsi junk food akan lebih baik lagi kalau kamu memilih jenis makanan yang lebih bergizi. Contohnya : buah, sayur, biji-bijian dan juga kacang-kacangan.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin, tinggi protein dan juga serat untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

  • Terapkan pola makan sehat

Tips mencegah kegemukan bagi kamu yang hobi kulineran ketiga adalah menjalankan pola makan yang sehat. Berikut ini contoh pola makan yang sehat :

  • Makan hanya di saat perut terasa lapar

Apakah kamu tipe orang yang suka ngemil dan jajan di luar? Ada baiknya kamu menyesuaikan dengan jam makanmu ya. Contoh, di waktu-waktu makan siang atau di waktu makan malam.

Menghindari makan banyak di luar waktu makan akan mencegah tubuhmu jadi lebih gemuk lho. Contoh, waktu makan siangmu adalah jam 11 siang. Tepat jam 11 siang tadi kamu sudah makan nasi dan aneka lauk pauk di rumah. Eh, baru berselang 2 jam kamu pergi makan-makanan berat lagi di luar. Jika terjadi secara berulang. Kebiasaan makan saat perut sudah terisi dan diluar waktu makan ini akan membuat badanmu jadi lebih gemuk.

  • Jangan melewatkan waktu makan

Kebiasaan melewatkan waktu makan akan membuat tubuh menginginkan asupan makanan secara berlebih. Alhasil, kamu jadi memakan lebih banyak hal dibandingkan jumlah yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini tentunya akan membuat tubuh kesulitan membakar kalori dan akhirnya membuat berat badanmu bertambah.

  • Jangan makan dengan terburu-buru

Pola makan yang baik selanjutnya adalah makan dengan santai alias tidak terburu-buru. Makan dengan terburu-buru justru akan membuatmu makan secara berlebihan. Selain itu, otak tidak punya cukup waktu untuk menerima sinyal rasa kenyang sehingga kamu masih merasakan lapar.

  • Fokus makan

Pola makan sehat selanjutnya adalah jangan makan sambil melakukan hal lainnya. Meskipun saat kamu sedang sibuk sekalipun. Jangan makan sambil bekerja, mengerjakan sesuatu, atau makan sambil menonton. Hal ini akan membuat rasa puas akan makanan tersebut berkurang sehingga kamu cenderung lebih cepat lapar.

  • Cukupi kebutuhan air dalam tubuh

Tips mencegah kegemukan untukmu yang suka kulineran selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Usahakan kamu selalu minum air mineral yang mencukupi kebutuhan harianmu ya.

Minum air yang cukup dapat membantumu mempertahankan berat badan ideal. Pertama, air dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantumu untuk mengontrol jumlah kalori yang masuk dalam tubuh.

Kedua, dapat meningkatkan jumlah kalori yang dapat dibakar setiap harinya.

  • Tidur yang cukup

Kebiasaan suka makan juga harus diimbangi dengan waktu tidur yang cukup. Ingat! Jangan begadang ya. Terlebih untuk suatu hal yang tidak terlalu urgent atau mendesak.

Oh iya, orang yang kurang tidur beresiko mengalami kenaikan berat badan dan juga obesitas lho. Kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin yakni hormon yang dapat menambah nafsu makan. Sementara itu, kadar hormone leptin yang memicu rasa kenyang jadi lebih rendah. Alhasil, kamu ingin terus makan dan makan lagi.

Pola tidur yang berkualitas akan membantumu menjaga berat badan ideal.

  • Perhatikan kebutuhan kalori tubuh

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin dan juga tingkat aktivitas. Rata-rata kebutuhan kalori harian wanita adalah 2000 kalori tiap hari. Sementara, pria membutuhkan sekitar 2500 kalori per hari.

Nah, kalau kamu ingin tetap punya berat badan ideal. Kamu harus terus berpatokan pada jumlah kalori harianmu ya. Jangan sampai melebihi batas kebutuhan kalori tubuhmu.

Lalu, bagaimana denganmu yang suka kulienaran? Ya, kamu tetap harus memperhatikan jumlah kalori yang masuk ini. Contoh, untuk tetap mempertahankan berat badanmu. Kamu membutuhkan sekitar 2000 kalori setiap harinya.

Bakso mengandung sekitar 325 kalori dan segelas es teh manis mengandung sekitar 160 kalori. Jika kamu mengonsumsi keduanya saat sedang kulineran. Maka, kamu sudah mengkonsumsi sebanyak 485 kalori!

Nah, sisa kalori yang bisa kamu konsumsi tinggal 1.515 kalori. Sisanya ini bisa digunakan untuk mengkonsumsi makanan yang lebih bernutrisi dan kaya serat. Semisal, buah, nasi, dan lauk pauknya.

Hal ini terbilang cukup rumit, karena kamu harus mengira-ngira berapa jumlah kalori dalam suatu makanan dan menyesuaikannya dengan total kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, hasilnya pasti tidak akan mengecewakan.

Kamu tetap bisa makan apapun makanan yang kamu suka (ingat, perhatikan jumlah kalori)nya dan mempertahankan berat badan idealmu sekaligus.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa tips mencegah kegemukan untukmu yang suka kulineran. Intinya kamu harus rutin berolahraga, memperhatikan pemilihan makanann, menerapkan pola makan sehat, mencukupi kebutuhan air, tidur yang cukup dan juga menghitung kebutuhan kalori dan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh.

Hal ini akan membuat berat badan idealmu lebih terjaga. Ini bukan hanya tentang jenis makanan apa saja yang kamu makan, melainkan porsi dan bagaimana cara kamu mengaturnya.