Kenapa Kita Harus Berinvestasi Sejak Dini?

oleh -536 views

Berbagiruang.com –  Kamu pastinya sudah sering mendengar istilah investasi, bukan? Baik melalui sosial media, webinar, ataupun membacanya melalui buku-buku literasi keuangan lainnya. Lalu, sudahkan kamu berinvestasi?

Kadangkala investasi kerap diibaratkan dengan seseorang yang memiliki kondisi keuangan yang telah matang dan biasanya dilakukan oleh orang dewasa. Namun, nyatanya investasi dapat dilakukan oleh siapapun. Termasuk kaum muda.

Berinvestasi sejak dini nyatanya mampu memberikan banyak sekali manfaat lho. Nah, ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu mulai berinvestasi sejak dini :

Pentingnya Investasi Sejak Dini

  • Menambah pengetahuan dan mengasah keahlian

Pentingnya investasi yang pertama adalah untuk menambah pengetahuan dan mengasah keahlian. Sama seperti hal lainnya, investasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kesalahan pemilihan jenis investasi justru akan membuatmu merugi.

Dalam hal ini, jika kamu sudah mulai belajar investasi sejak dini. Maka, kamu akan lebih tahu mana jenis instrumen investasi yang paling cocok untukmu (emas, saham, reksadana, deposito, dll), bagaimana cara meminimalisir kerugian, dan bagaimana cara membaca prospeknya di masa depan (apakah berpotensi untung besar atau justru rugi).

  • Menambah pengalaman

Selain menambah pengetahuan dan kemampuan dalam berinvestasi, memulai investasi sejak dini juga akan membuat pengalamanmu dalam bidang ini bertambah lho. Seperti yang kita semua ketahui, pengalaman ini merupakan aspek penting yang dapat menunjang kesuksesan seseorang dalam investasi.

Seseorang yang berpengalaman cenderung memiliki intuisi yang lebih terasah, dia akan lebih tahu bagaimana cara melakukan investasi yang menguntungkan. Bagaimana cara membaca situasi pasar, dan instrumen investasi mana saja yang menguntungkan.

Pengalaman ini tidak bisa kita dapatkan secara instan. Diperlukan waktu yang cukup lama dan konsistensi atau ketekunan dalam bidang tersebut. Semakin dini kamu mulai berinvestasi, maka akan semakin banyak pengalaman yang bisa kamu peroleh.

  • Mampu membantumu mewujudkan impian

Impian merupakan salah satu motivasi agar seseorang terus maju dan berkembang. Impian tiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada individu tersebut sendiri. Contohnya, punya mobil atau rumah pribadi di usia muda, dan sejenisnya.

Mulai berinvestasi sejak dini akan membantumu untuk lebih dekat dengan impianmu tersebut. Bagaimanapun juga, hal yang menarik dari investasi adalah nilainya yang semakin lama semakin bertambah.

Nilainya yang terus berkembang ini dan bahkan nilainya berkali-kali lipat ini tentunya akan menjadi aset berharga yang mampu mewujudkan impian masa depanmu suatu saat nanti.

  • Dapat dijadikan sebagai passive income

Ya, pentingnya investasi sejak dini selanjutnya adalah hasilnya bisa kamu jadikan sebagai sumber pendapatan passive. Untuk mendapatkan pendapatan passive ini, tentunya harus kamu bangun secara perlahan sampai menghasilkan, bukan?

Passive income in merupakan suatu jenis pendapatan yang bisa dihasilkan tanpa harus terlibat secara aktif atau secara langsung dalam kegiatan menghasilkan uang tersebut. Contoh, investasi emas atau reksadana. Kita hanya perlu membaca prospek dari jenis reksadana yang kita beli. Kemudian, menginvestasikan sejumlah uang yang kita miliki secara konsisten.

Dan hasilnya, setiap bulan kita dapat keuntungan atas hasil investasi tersebut.

  • Meningkatkan nilai aset dan kekayaan pribadi

Ketika kita melakukan investasi, sebenarnya kita tidak membuang-buang uang. Kita hanya “mengubah” bentuk asset kita dari satu ke yang lainnya. Contoh, kamu memiliki sejumlah uang di bank dengan nominal Rp 1.000.000.

Kemudian, kamu memutuskan untuk menggunakan uang tersebut untuk berinvestasi di reksadana. Uang Rp 1.000.000 sama-sama masih berupa aset atau kekayaan yang kamu miliki. Hanya saja bentuknya berubah dari aset lancar menjadi investasi reksadana ini.

Selain itu, karena merupakan jenis investasi maka nilai uang tersebut berpotensi untuk mengalami kenaikan. Berbeda dengan uang yang kamu simpan di bank, yang lambat laun akan berkurang nilainya. Baik karena inflasi ataupun karena terpotong biaya admin.

Dalam hal ini, untuk mengembangkan nilainya dan untuk menghindari kerugian (yang juga merupakan resiko dari investasi) maka kamu harus pintar memilih jenis investasi yang sesuai.

Lambat laun, jika kamu konsisten maka harta kekayaanmu dari investasi akan berlipat ganda.

  • Untuk mencapai kebebasan finansial di masa muda

Kebebasan finansial dapat diartikan sebagai suatu kondisi keuangan dimana kamu tidak perlu lagi bekerja keras karena asset yang kamu miliki sudah cukup untuk menghidupimu. Inilah salah satu alasan pentingnya investasi sejak dini.

Dengan investasi lebih awal, kamu dapat mencapai kebebasan finansial di usia yang muda. Sehingga kamu bisa menikmati masa mudamu tanpa harus khawatir tentang uang. Namun, perlu diingat! Kamu harus menggunakan uangmu secara bijak. Jangan menghamburkannya secara berlebihan. Bagaimanapun juga, berfoya-foya tidak baik bagi kesehatan keuanganmu.

  • Membuat kita lebih terlatih mengurus masalah keuangan

Dalam perencanaan keuangan yang baik, tentunya kita harus melakukan alokasi keuangan sesuai postnya masing-masing. Contoh 50% untuk biaya hidup, 30% untuk tabungan, dan 20% untuk investasi.

Terlatih melakukan investasi sejak dini akan membuatmu lebih aware dan lebih mudah untuk terus-menerus menerapkan alokasi keuangan tersebut. Karena kebiasan ini, kamu juga jadi lebih jeli perihal masalah keuanganmu.

Tips Berinvestasi

Nah, ini dia beberapa tips investasi yang bisa kamu jadikan sebagai referensi :

  • Pilih platform investasi yang sesuai : ada berbagai jenis platform investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis investasi yang kamu gunakan. Pastikan kamu memiliki platform resmi yang telah legal ya untuk menghindari adanya kerugian di masa mendatang. Contoh platform investasi untuk reksadana adalah Bareksa, Bibit, Ajaib, dll. Untuk investasi emas kamu bisa memilih Pegadaian, dan sejenisnya.
  • Asah mindset investasi yang benar : jangan buru-buru dan sembarang pilih asset investasi. Perhitungkan plus minusnya.
  • Jangan abaikan rate investasi.
  • Untuk investasi sebaiknya kamu menggunakan uang yang benar-benar “free” alias tidak akan kamu gunakan dalam beberapa waktu kedepan. Jangan gunakan uang untuk biaya hidup bulanan atau uang yang sekiranya akan kamu pakai untuk keperluan lain.
  • Bagi modal investasi yang kamu miliki. Jangan hanya memilih satu jenis investasi di instrumen yang sama. Tapi, bagilah modal investasi yang kamu miliki ke berbagai instrumen yang berbeda. Contoh, 50% untuk reksadana A, 20% untuk emas, dan 30% untuk saham A,B/C. Tujuan diversifikasi modal investasi ini tentunya untuk mencegah kerugian yang lebih besar di masa mendatang.
  • Mulai dengan nominal yang kecil terlebih dahulu.
  • Lakukan riset mengenai jenis investasi yang akan kamu pilih.
  • Lakukan review terus-menerus untuk mencari tahu strategi investasi terbaik.
  • Pilih instrumen investasi yang paling cocok untuk jenis kepribadianmu. Berdasarkan faktor resiko yang dapat ditanggung.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai pentingnya investasi dan juga tips berinvestasi yang aman dan baik. Semoga artikel di atas bermanfaat bagimu ya,