Peran Mahasiswa Sebagai Moral Force

oleh -2.593 views

Berbagiruang.com – Mahasiswa memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat akan memandang mahasiswa sebagai kaum yang terpelajar dan mampu menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat. Tidak heran apabila masyarakat memiliki harapan besar kepada mahasiswa.

Oleh sebab itu, mahasiswa harus memiliki wawasan yang luas tentang kehidupan bermasyarakat agar mampu menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.

Moral Force atau kekuatan moral merupakan salah satu fungsi mahasiswa dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam kehidupan bermasyarakat mahasiswa harus menjadi contoh dan teladan bagi seluruh masyarakat. Hal ini di sebabkan karena mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki keberuntungan dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai kaum terpelajar harus mampu menjadi tauladan bagi masyarakat yang lain.

Mahasiswa sebagai moral force

Mahasiswa merupakan kekuatan moral bagi negeri ini. Mahasiswa dituntu memiliki acuan dasar dalam berperilaku, bertutur kata, cara berpakaian dan lain sebagainya yang berhubungan dengan moral yang baik. Acuan dasar itu harus di perbaiki dan dijadikan contoh yang baik bagi masyarakat.

Namun kini, peran mahasiswa sebagai moral force banyak yang ditinggalkan. Hal ini di sebabkan karena banyaknya kegiatan mahasiswa yang lebih mengarah pada kehidupan hedonisme. Mahasiswa kadang lupa bahwa dirinya merupakan pemegang tonggak kepemimpinan selanjutnya. Apabila hal ini terus berlanjut, maka kegiatan mahasiswa tidak akan lagi berorientasi pada masyarakat dan mengakibatkan generasi pengganti hilang. Akibatnya, masyarakat tidak lagi percaya pada mahasiswa dan hanya menggapnya sebagai pembuat macet di jalan saat demo.

Maka dari itu, peran moral force (kekuatan moral) harus kembali dibangun dan diamalkan oleh para mahasiswa. Karena mahasiswa Indonesia secara garis besar memiliki tujuan untuk menjadikan Negara dan bangsa ini menjadi lebih baik lagi.

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan membenahi kondisi internal terlebih dahulu, kemudian menyamakan visi, misi dan idealism, kemudian setelah itu mahasiswa dapat membuat impian untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi.*