Berbagiruang.com – Berikut adalah Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Pemrograman Dasar Tentang User Interface dan Struktur Control Aplikasi yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Dengan adanya soal latihan ini semoga bisa sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian.
1. Interface adalah kata lain dari..
a. Terhalang jarak
b. Antarmuka *
c. Berselisih
d. Pendekatan
e. Berwarna
2. Kapan dirilisnya program Dev-C++ 5.3.0.3?
a. 1 Juli 2012
b. 1 Agustus 2012
c. 1 September 2012
d. 1 Oktober 2012
e. 1 November 2012 *
3. Fungsi dari interface adalah..
a. Memilih data
b. Menyelesaikan program
c. Memanipulasi data
d. Menginput pengetahuan baru *
e. Menghapus program
4. Warna default pada text yang terdapat pada kode C++ adalah..
a. Hitam
b. Merah
c. Biru
d. Putih *
e. Kuning
5. Penulisan sleep pada animasi harus menggunakan huruf S..
a. Besar *
b. Kecil
c. Sedang
d. Terbalik
e. Diganti angka 5
6. Contoh penulisan pada karakter gotoxy ialah..
a. (jumlah_baris) *
b. (lebar)
c. (jumlah_huruf)
d. (lebar_layar)
e. (jumlah_angka)
7. User adalah kata lain dari..
a. Pengguna *
b. Pembeli
c. Penjual
d. Pembuat
e. Agent
8. Pada tahun berapa bahasa C++ dikembangkan?
a. 1960
b. 1970
c. 1980 *
d. 1990
e. 2000
9. Ada berapa tahap dalam merancang interface?
a. 1
b. 3
c. 5
d. 7 *
e. 9
10. Hasil pembentukan program C++ dalam distro Linux ditandai dengan ekstensi..
a. A *
b. I
c. U
d. E
e. O
11. Aplikasi penyusunan rancangan sebuah interface bersifat..
a. System
b. Visual design
c. Compiler
d. Interaction design
e. User friendly *
12. Tahapan ketiga yang terdapat pada rancangan interface adalah..
a. Menjaga antarmuka yang sederhana
b. Memikirkan tentang default
c. Menggunakan strategi warna dan tekstur *
d. Menggunakan tipografi untuk membuat penjernihan dan kejelasan
e. Mwnciptakan konsistensi dan menggunakan elemen UI umum
13. Slider, tag, icons, pagination adalah contoh dari..
a. Input control
b. Containers
c. Komponen navigasi *
d. Output control
e. Komponen informasi
14. Terbagi menjadi berapa perintah dalam memanipulasi tata letak?
a. 1
b. 2 *
c. 3
d. 4
e. 5
15. Fungsi dari setw adalah..
a. Mengatur lebar layar sebuah teks *
b. Memposisikan text/karakter
c. Menjelaskan fungsi program C++
d. Membuat desain suatu program
e. Semua benar
16. HCI adalah singkatan dari..
a. Human Computer Interface *
b. Humanities Computer Interfacing
c. Human Computered Interface
d. Humanity Computer Interedface
e. Human Computering Interfaces
17. Tahap terakhir pada saat merancang interface adalah..
a. Memikirkan tentang default
b. Memperitmbangkan page layout berdasarkan suatu tujuan tertentu
c. Memastikan bahwa sistem berjalan sesuai dengan apa yang terjadi saat itu juga *
d. Menjaga antarmuka yang sederhana
e. Menciptakan konsistensi dan menggunakan elemen UI umum
18. Yang tidak termasuk contoh dari komponen navigasi adalah..
a. Kolom pencarian
b. Progress bar *
c. Breadcrumb
d. Slider
e. Tag
19. Memikirkan dan mengantisipasi seacar teliti adanya user secara tidak sengaja mengutak-atik konfigurasi, namun dapat diatasi dengan membuat default yang mengurangi kepanikan pada user adalah pengertian dari..
a. Memikirkan tentang default *
b. Memperitmbangkan page layout berdasarkan suatu tujuan tertentu
c. Memastikan bahwa sistem berjalan sesuai dengan apa yang terjadi saat itu juga
d. Menjaga antarmuka yang sederhana
e. Menciptakan konsistensi dan menggunakan elemen UI umum
20. Berikut ini contoh dari komponen informasi adalah..
a. Notifikasi
b. Kotak pesan
c. Ikon
d. Tooltips
e. Benar semua *
21. Kode angka 4 dalam bahasa C++ akan menghasilkan warna..
a. Aqua
b. Purple
c. Red *
d. Grey
e. Brown
22. Ada berapa bagian pada struktur kontrol aplikasi?
a. 1
b. 2
c. 3 *
d. 4
e. 5
23. Siapakah yang mengembangkan bahasa C++ pertama kali?
a. Jhon F. Kennedy
b. Alexandre Graham Bell
c. Galilea Galileo
d. Bjarne Stroustup *
e. B. J. Habibie
24. Ada berapa bentuk elemen interface?
a. 2
b. 4 *
c. 6
d. 8
e. 10
25. Perintah sleep pada animasi dalam C++ berfungsi untuk..
a. Membuat program
b. Menunda program *
c. Mengeluarkan dari program
d. Menginput program
e. Mengcopy program
26. Toggles, checkbox, tombol adalah contoh dari..
a. Input control *
b. Containers
c. Komponen navigasi
d. Output control
e. Komponen informasi
27. Menggunakan tipografi untuk membuat penjernihan dan kejelasan adalah tahapan ke …. dalam merancang interface.
a. 1
b. 3
c. 5 *
d. 7
e. 9
28. Berikut ini contoh atau bagian dari Containers adalah..
a. Ikon
b. Accordion *
c. Slider
d. Tag
e. Tombol
29. Hasil pembentukan program C++ dalam distro Windows OS ditandai dengan ekstensi..
a. Lib *
b. Exc
c. Pdf
d. Jpg
e. So
30. Warna default pada background jika kita membuat dengan C++ adalah..
A. Hitam *
B. Putih
C. Merah
D. Biru
E. Kuning
Itu lah Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Pemrograman Dasar Tentang User Interface dan Struktur Control Aplikasi semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan latihan untuk mengasah materi lebih dalam. Semoga bermanfaat.