Keunikan Flora khas Lampung

oleh -6,478 views

Berbagiruang – Flora khas Lampung maksudnya adalah tumbuhan yang oleh Pemerintah Provinsi Lampung ditetapkan sebagai Flora identitas Provinsi tersebut. Masing-masing provinsi di Indonesia pastilah memiliki tumbuhan dengan ciri khas tersendiri sebagai maskot dan primadona dari provinsi tersebut. Begitu halnya dengan Provinsi Lampung. Provinsi yang terletak di paling selatan pulau Sumatera ini memiliki beberapa Tumbuhan yang menjadi ciri khas lampung. Salah satunya adalah Bunga Ashar.

Flora yang Menjadi Ciri Khas Lampung

Bunga Ashar atau dikenal juga dengan bunga pukul empat dengan nama latin Mirabilis jalapa L. merupakan flora khas Provinsi Lampung. Sebenarnya Bunga Ashar ini bukan merupakan bunga asli dari Indonesia melainkan berasal dari meksiko. Namun, karena banyak ditemui di Lampung maka bunga ini pun di tetapkan sebagai Flora Khas Lampung.

Bunga ini memiliki keunikan tersendiri, karena bunga ini hanya akan mekar pada sore hari sekitar pukul empat dan menjadi pertanda telah masuknya waktu sholat ashar. Itulah sebabnya bunga ini dinamakan sebagai Bunga Ashar atau juga Bunga Pukul Empat. Pada zaman dahulu masyarakat lampung akan menanam bunga ini di pekarangan surau agar dapat melihat pertanda masuknya waktu sholat ashar. Tumbuhan ini juga memiliki nama berbeda di setiap daerah di Indonesia. Misalnya saja di Jawa dikenal dengan nama Tagreat, di Minahasa dikenal dengan nama Bunga Pukul Ampa, serta di Bali dikenal dengan nama Noja.

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, Bunga yang menjadi flora khas lampung ini juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Bunga Ashar mengandung betaxanthis, zat asam minyak dan zat asam lemak yang bersifat diuretic serta melancarkan sirkulasi darah. Bunga ini sudah dikenal lama sebagai pengobatan tradisional. Khasiat bunga ashar ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keputihan, menangkal kanker, mengatasi sakit maag, mengusir jerawat, mengatasi infeksi saluran kencing, mengatasi batuk darah, menyembuhkan batu empedu, mengatasi bisul, mengatasai penyakit disentri, meredakan radang sendi akut, mengatasi diabetes, prostatitis, difter, dan sebagai obat memar.*

No More Posts Available.

No more pages to load.