5 Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang

oleh -37 views

Berbagiruang.com – Seiring meningkatkan online shop, kebutuhan akan jasa kirim barang juga melonjak. Untuk itu, banyak yang mencoba cara membuka usaha jasa pengiriman barang karena itu bisnis yang menjanjikan saat ini.

5 Tips Buka Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Bingung pilih jenis bisnis? Mungkin bisa mencoba usaha jasa pengiriman barang. Bisnis tersebut merupakan usaha yang menawarkan jasa pengangkutan atau pengiriman barang menuju alamat tujuan. 

Seseorang yang mengantarkan barang atau biasa disebut paket ke alamat yang dituju umumnya dikenal sebagai kurir. Sebab itu, tidak mengherankan jika usaha ini bisa disebut juga bisnis kurir. Minat? Mari, simak cara membuka usaha jasa pengiriman barang beserta tipsnya berikut ini.

1. Tentukan jenis jasa pengiriman barang

Bisnis jasa pengiriman barang ini cakupannya luas sehingga Anda perlu menentukan jenis jasa pengiriman barang yang diinginkan. Ada pilihan jasa kurir pengiriman barang berupa paket secara umum atau bisa pula khusus barang-barang tertentu dalam bentuk kargo. 

Selain itu, layanan jasa pengiriman barang dari segi waktunya juga bisa bermacam-macam. Beberapa diantaranya jasa pengiriman hari berikutnya, pengiriman barang lokal, jasa kirim internasional, dan lainnya. 

2. Tentukan jenis badan usaha

Ada banyak jasa pengiriman barang yang populer di masyaraat seperti JNE, J&T, TIKI, SICEPAT, dan lainnya. Jasa tersebut bukan sekadar bisnis biasa, tapi telah berbentuk hukum usaha atau sudah resmi bisnis yang didirikan. 

Jika tertarik cara membuka usaha jasa pengiriman barang, sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis badan usaha yang ingin didirikan. Anda bisa memilih jenis usaha berupa kemitraan umum, Perseroan Terbatas (PT), atau kepemilikan tunggal. 

Dengan menjadikan bisnis jasa kirim ini berbadan hukum, maka usaha ini akan legal karena telah memenuhi izin usaha. Tentunya, hal ini akan membuat masyarakat lebih percaya sehingga mau menyewa jasa pengiriman barang tersebut. 

3. Merancang alokasi anggaran

Bisnis tentu selalu berkaitan erat dengan modal atau anggaran yang tersedia. Dalam hal ini, cara membuka jasa pengiriman barang tidak terlepas dari alokasi anggaran. Maksudnya, diperlukan analisis kebutuhan apa saja yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha tersebut.

Beberapa kebutuhan penting yang harus disediakan diantaranya kendaraan pribadi sebagai pengangkut barang, kantor atau outlet penerimaan barang, plastik pembungkus barang, dan lainnya. Disarankan membuat rancangan anggaran sedetail mungkin agar estimasinya tepat.

4. Tentukan tarif 

Sumber pendapatan dari bisnis jasa pengiriman ini berasal dari tarif yang dikenakan pada setiap barang yang akan dikirim. Umumnya, besarnya tarif tersebut berdasarkan berat barang, jarak lokasi tujuan, dan jenis asuransi yang diinginkan konsumen. 

Dalam menetapkan tarif tersebut, pastikan Anda telah melakukan riset terlebih dahulu. Dengan demikian, biaya jasa kirim yang ditetapkan tidak jauh berbeda dengan jasa yang ada atau mungkin harganya lebih rendah. 

5. Promosi jasa

Tips berikutnya, yaitu dengan melakukan promosi jasa tersebut. Apalagi jika usaha ini baru dirilis, tentunya perlu mengenalkan ke masyarakat sebagai bentuk brand awareness. Jika sudah cukup berkembang, sangat dimungkinkan untuk melakukan ekspansi. 

Caranya melalui kerja sama dengan beberapa marketplace untuk membantu menyediakan layanan pengiriman barang online shop. Selain itu, promosi yang paling ampuh dengan memanfaatkan media sosial. 

Demikian info terkait cara membuka usaha jasa pengiriman barang tersebut. Semoga info ini dapat menambah referensi bagi Anda yang tertarik untuk mendirikan bisnis jasa kirim barang.