10 Ide Bisnis Paling Menguntungkan Cocok Untuk Mahasiswa

oleh -50 views

berbagiruang.com – Bisnis online untuk mahasiswa bisa menjadi sebuah pilihan untuk Anda tekuni jika ingin uang tambahan. Selain untuk bisa mendapatkan uang, dengan berbisnis Anda juga bisa menjadikan hal ini sebagai bekal jika sudah lulus nanti. Bukan tidak mungkin bisnis yang akan Anda jalani ini akan terus berkembang dan menjadi sumber penghasilan utama buat Anda. Akan tetapi, jika Anda masih bingung terkait ide bisnis apa yang cocok untuk bisnis online apa yang bisa dilakukan namun dengan modal yang kecil, berikut ini akan kami paparkan beberapa bisnis online untuk mahasiswa yang kami rekomendasikan.

Rekomendasi Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Ketika mau berbisnis, hal yang paling utama menjadi kendala adalah tidak adanya modal. Betul sekali, memang tidak dapat dipungkiri bahwa semua bisnis pasti membutuhkan modal, namun bukan berarti ini menjadi penghalang buat Anda untuk memulai bisnis. Sebagai solusinya untuk Anda yang ingin berbisnis tapi kekurangan modal, kami akan memaparkan beberapa bisnis online dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh mahasiswa.

  1. Menjadi Influencer

Ide bisnis online untuk mahasiswa yang pertama adalah dengan menjadi influencer. Pasti Anda bingung mau mulainya dari mana? Langkah pertama Anda harus menentukan personal branding terlebih dahulu.

Pastikan konten yang Anda bagikan bermanfaat atau menghibur. Hal yang seperti ini perlu dilakukan sebagai cara untuk bisa meningkatkan followers dan juga engagement. Ketikahal tersebut dilakukan secara baik, bukan tidak mungkin nantinya aka ada brand yang ingin membayar Anda untuk bisa menampilkan produk mereka pada konten yang Anda miliki.

  1. Jasa Pengetikan

Komputer dan laptop sudah menjadi kebutuhan yang paling penting untuk sejumlah mahasiswa. Daripada hanya dipakai untuk mengerjakan tugas dan nonto film, sebaiknya laptop atau computer tersebut digunakan modal untuk bisnis online. Anda dapat membuka jasa pengetikan sampai jasa input data. Jasa Anda ini bisa ditawarkan di media social atau bisa ditawarkan ke beberapa temanmu secara langsung.

  1. Streamer

Jika Anda suka bermain game, maka hal ini bisa juga Anda lakukan jika ingin uang tambahan. Streamer merupakan seseorang yang melakukan siaran langsung atau disebut juga streamer. Seorang streamer dapat memperoleh uang donasi dari penonton yang terhibur dengan video Anda atau bahkan Anda bisa mendapatkan uang dari kontrak dengan platform live streaming yang Anda gunakan. Donasi ini berbeda-beda aturannya pada setiap platform, bisa dalam bentun koin, likes, stiker gift, dan lainnya.

  1. Jasa Video Editing

Ide bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah jasa video editing. Anda dapat membuka jasa video editing untuk acara special, content youtube, pembuatan video clip, atau lainnya.

Sekarang ini banyak sekali content creator yang bermunculan, tentu tidak semua content creator tersebut bisa memiliki skill untuk mengedit videonya sendiri, sehingga jasa untuk mengedit video ini menjadi sangat dibutuhkan.

  1. Jasa Desain

Buat kamu yang memiliki hobi desain atau sedang menempuh kuliah desain. Anda dapat membuka jasa desain. Anda dapat menawarkan jasa Anda ini dengan menunjukkan portofolio dari karya yang telah Anda miliki.

Portofolio ini bisa Anda upload di website atau bisa memanfaatkan social media yang ada seperti Instagram atau lainnya. Dengan berbisnis jasa desain ini, Anda tidak hanya dapat menghasilkan uang lebih, tetapi juga dapat mengasah skill dengan membuka jasa ini. Tertarik?

  1. Jasa Pembuatan Artikel

Jika Anda seorang blogger dan bisa menulis artikel di blog Anda sendiri, maka ini merupakan sebuah peluang buat Anda untuk dapat membuka jasa pembuatan artikel untuk blog orang lain. Pekerjaan yang satu ini sangat cocok untuk mahasiswa karena proses pengerjaannya pun bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Anda akan mendapatkan bayaran sesuai dengan jumlah artikel yang sudah Anda  tulis.

  1. Jasa Penerjemah

Jika Anda memiliki kemampuan untuk berbahasa asing, maka hal ini perlu Anda coba. Anda dapat membuat website sendiri untuk memasarkan jasa Anda ini. Pada saat ini sangat banyak sekali yang membutuhkan jasa penerjemah baik itu yang dating dari pelajar, mahasiswa, praktisi pendidikan, atau bahkan datang dari content writer. Untuk tarifnya sendiri bisa Anda tentukan berdasarkan jumlah halaman atau per kata. Tarifnya ini bisa disesuaikan dengan kerumitan bahasa dan dengan tingkat kemampuan yang Anda miliki.

  1. Jualan Pulsa dan Paket Data

Pulsa dan paket data merupakan kebutuhan pokok di jaman sekarang ini. Anda bisa menjual ke teman dekat, tetangga, atau di marketplace. Selain menyediakan mengisian pulsa dan juga paket data, Anda dapat menjual token listrik, top up, bayar PDAM, atau lain sebagainya. Tapi hati-hati ya untuk menjalankan bisnis ini, karena banyak penjual pulsa dan paket data mengalami kerugian yang diakibatkan banyaknya orang yang ngutang. Jadi lebih bijak lagi untuk menjual pulsa dan paket data.

  1. Jualan dengan Sistem Dropship

Jika Anda tidak punya modal sama sekali, tetapi Anda ingin berjualan. Maka pilihan menjadi dropship menjadi pilihan yang sangat tepat. Dropship merupakan kegiatan yang menjual barang orang tanpa perlu men-stok terlebih dahulu. Anda hanya perlu memasarkan produk dari supplier, jika sudah ada pesanan maka supplier yang akan memproses pengemasan dan juga akan mengirim ke orang yang telah memesannya.

Modal utama untuk memulai bisnis ini adalah paket data dan smartphone untuk memasarkan produk yang dinginkan. Untuk bisa cepat berkembang, usahakan untuk mempromosikan barang yang memang saat ini sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Misalnya, perlengkapan kecantikan, baju, soft case, tas, dan lain sebagainya. Anda juga harus selalu mengikuti berita-berita terbaru mengenai trend apa saja yang sekarang lagi digemari oleh masyarakat.

  1. Jualan dengan Sistem Reseller

Jika Anda ingin berjualan tanpa perlu melakukan kegiatan produksi, maka berjualan dengan sistem reseller ini bisa Anda coba. Reseller berbeda dengan sistem dropshipeer, reseller disini perlu membeli barang terlebih dahulu dari supplier, artinya harus keluar modal terlebih dahulu.

Supplier biasanya akan memberikan harga yang lebih murah dengan minimal jumlah pembelian. Semakin banyak produk yang dibeli dari supplier maka potongan harga yang Anda dapatkan juga akan semakin tinggi. Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki modal yang terlalu banyak, maka solusinya adalah dengan cara sistem pre-order. Jadi Anda dapat melakukan pembelian terhadap supplier setelah pesanannya terkumpul semua.

Itulah beberapa ide bisnis online untuk mahasiswa yang bisa Anda coba. Apakah ada bisnis yang sudah disebutkan diatas menarik minat Anda untuk bisa menekuninya? Bisnis apapun yang telah Anda pilih, waktu yang paling tepat untuk memulainya adalah sekarang. Semakin cepat untuk memulai bisnis, maka akan cepat juga bisnis Anda akan berkembang. Jadi, jangan pernah berhenti untuk mencoba, masalah gagal itu sudah biasa, kuncinya adalah konsisten dan terus evaluasi bisnis Anda tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.