Para Pemula Wajib Mengetahui Panduan Cara Buat Toko di Shopee

oleh -459 views

Berbagiruang.com – Bagi Anda yang ingin berjualan di platform Shopee tapi tidak tahu bagaimana cara untuk memulainya maka wajib mengetahui tata cara buat toko di Shopee. Adapun Shopee sendiri merupakan marketplace yang mempunyai ciri khas berwarna oranye dan sudah banyak terkenal oleh masyarakat Indonesia. Hal yang menarik dari Shopee adalah upaya promosinya mampu menggaet atensi khalayak ramai.

Bagaimana tidak, pasalnya Shopee kerap kali berpromosi dengan menggandeng penyanyi baik dari dalam maupun luar negeri guna menyelenggarakan konser. Tak heran popularitas Shopee yang tinggi membuat banyak orang memanfaatkannya untuk mulai berjualan dan membuka toko online sendiri. Bagi Anda yang tertarik untuk ikut serta berjualan di Shopee simak cara membuat toko di aplikasi berwarna oranye berikut ini.

Syarat Menjadi Penjual

Sebelum mengetahui bagaimana tata cara buat toko di Shopee, pertama-tama Anda harus mengetahui terlebih dahulu syarat menjadi seorang penjual atau seller. Pada dasarnya siapa saja bisa menjadi penjual di Shopee selama berkeinginan kuat memulai usaha sendiri. Bahkan bagi Anda yang tidak menyetok barang sekalipun bisa ikut membuka toko di Shopee dengan sistem dropship ataupun reseller.

Untuk persyaratan menjadi seorang penjual di Shopee, Anda bisa simak uraian di bawah ini:

  1. Mempunyai Kartu Tanda Penduduk

Persyaratan pertama yang harus Anda penuhi sebagai calon penjual di Shopee adalah Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Hal ini penting lantaran penjual memerlukan verifikasi pihak bank guna menarik hasil penjualan dari barang dagangan yang ada di akun toko masing-masing. Dengan demikian keuntungan yang didapatkan bisa langsung masuk ke rekening bank dan menjadi hasil dari penjualan Anda sendiri.

  1. Mempunyai produk yang akan dijual

Syarat kedua sebelum menerapkan cara buat toko di Shopee adalah memiliki produk yang hendak dijual. Persyaratan ini bukan tanpa sebab, pasalnya jika Anda memutuskan berjualan di Shopee harus memasang produk dagangan di dalam akun toko yang akan dibuat. Apabila Anda tidak mempunyai cukup modal untuk menyetok barang bisa menggunakan sistem dropship maupun reseller.

Kendati demikian para penjual dengan sistem dropship harus mempunyai supplier dari luar platform Shopee. Hal ini lantaran Anda tak akan bisa mengunggah resi dua kali apabila mengambil barang dropship dari platform Shopee.

  1. Memiliki akun toko Shopee

Persyaratan terakhir jika Anda ingin menjadi penjual atau seller di aplikasi Shopee adalah mempunyai akun toko di e-commerce tersebut. Karena itulah penting bagi calon penjual mengetahui bagaimana cara buat toko di Shopee dengan demikian mereka bisa memasang barang dagangan yang hendak dijual dan mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

Cara Membuat Toko di Shopee

Membuat toko online di platform Shopee dapat dilakukan lewat aplikasi Shopee yang sudah tersemat di ponsel lantaran caranya terbilang lebih mudah. Di bawah ini adalah cara membuka toko online di Shopee melalui aplikasi terbaru:

  • Pertama dalam cara buat toko di Shopee yaitu, silahkan Anda mengakses situs resmi Shopee atau mengunduh aplikasi Shopee yang ada di Google Play Store maupun App Store.
  • Setelah itu tekan menu Saya lalu ketuk Daftar.
  • Berikutnya masukkan nomor ponsel yang masih aktif. Sebelumnya pastikan nomor tersebut tak terdaftar di akun Shopee. Kemudian isi kode captcha serta kode verifikasi lalu tekan Daftar.
  • Cara buat toko di Shopee berikutnya yaitu mengecek pesan yang masuk kemudian tuliskan kode verifikasi dalam kolom tersedia, ketuk lanjut.
  • Sesudah itu Anda dapat memasukkan username berdasarkan brand toko dan kata sandi. Lanjutkan dengan konfirmasi kata sandi di kolom bawahnya kemudian tap Lanjut.
  • Kini Anda pun sudah mempunyai toko online di Shopee sendiri.

Melengkapi Profil Toko

Setelah mengetahui serta menerapkan cara buat toko di Shopee berikutnya Anda dapat melengkapi profil toko supaya para calon pembeli dapat melihat informasi sekaligus deskripsi toko lebih jelas. Adapun melengkapi profil toko dapat Anda lakukan lewat aplikasi dengan beberapa data yang harus dilengkapi.

  1. Data pertama adalah nama toko, lengkapi nama toko berdasarkan brand yang Anda inginkan. Ada baiknya menggunakan nama yang mudah diingat serta mempunyai ciri khas di kalangan pendengar
  2. Berikutnya lengkapi pula deskripsi toko dengan menjabarkan store Anda menggunakan kata-lata mudah dicerna. Misalnya saja produk yang dipasarkan, jam buka, pilihan pengiriman hingga voucher yang diberikan.
  3. Terakhir adalah gambar deskripsi toko, berikan gambar yang akan menjelaskan brand Anda. Gambar tersebut bisa berupa program promosi maupun voucher yang diselenggarakan.

 Jenis Barang yang Bisa Dijual

Setelah cara buat toko di Shopee dan profil store penjual lengkap, kini Anda sudah dapat mulai untuk berjualan lewat platform tersebut. Sebagai pertimbangan ada beberapa jenis barang yang dapat Anda jual lewat e-commerce Shopee satu ini. Dengan demikian toko baru Anda akan lebih terarah serta menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin.

  1. Digital 

Jenis produk pertama yang dapat Anda jual setelah berhasil menerapkan cara buat toko di Shopee yaitu produk digital. Adapun produk digital merupakan sebuah produk yang tak memiliki bentuk fisiknya. Kendati demikian manfaatnya dapat dirasakan lewat perangkat digital misalnya smartphone, laptop ataupun tablet. Sebagai contoh, di bawah ada sejumlah produk digital yang bisa Anda jual lewat Shopee:

a. Pulsa

Pilihan produk digital pertama yang dapat Anda jual setelah membuka toko di Shopee adalah pulsa. Anda bisa melihat banyak penjual pulsa yang menjual produk digital tersebut lewat toko mereka masing-masing di platform Shopee. Meskipun Shopee sendiri menawarkan pilihan pengisian pulsa, tak jarang banyak pembeli memilih untuk membeli pulsa di toko lantaran harganya relatif murah.

b. Ebook

Setelah menerapkan cara buat toko di Shopee, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual Ebook. Saat ini sudah terdapat buku digital atau e-book yang bisa Anda beli dari beberapa sumber terpercaya kemudian menjualnya kembali lewat aplikasi Shopee. Ada baiknya Anda menawarkan Ebook dengan harga relatif murah supaya menarik perhatian pembeli.

c. Voucher Game

Pilihan produk digital terakhir yang dapat Anda jual ketika membuka toko di Shopee adalah voucher game. Adapun voucher game ini biasanya akan langsung masuk sebagai saldo maupun sebuah item di platform game yang menyediakan voucher tersebut.

  1. Barang 

Tak hanya produk digital yang dapat Anda jual setelah menerapkan cara buat toko di Shopee, pilihan berikutnya tentu saja produk berbentuk barang fisik. Terdapat beberapa produk yang bisa Anda jual di Shopee antara lain:

a. Skincare

Produk pertama ada skincare yang menjadi hal paling esensial dalam kehidupan kalangan perempuan maupun laki-laki. Skincare yang dapat Anda jual bisa mulai dari produk lokal sampai skincare dari Korea sekalipun.

b. Pakaian

Setelah berhasil membuat toko di Shopee, Anda dapat mulai untuk berjualan pakaian dengan kualitas unggulan serta motif bervariasi.

Itulah bagaimana cara buat toko di Shopee bagi para pemula yang belum pernah berjualan sekalipun.