Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tentang Mengembangkan Pendapat dalam Eksposisi

oleh -497 views

Berbagiruang.com – Berikut adalah Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tentang Mengembangkan Pendapat dalam Eksposisi yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Dengan adanya soal latihan ini semoga bisa sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian.

1. Suatu teks untuk mengusulkan pendapat pribadi mengenai suatu hal yang didalamnya terdapat argumen-argumen untuk menegaskan atau memperkuat pendapat tersebut.
Pernyataan di atas merupakan pengertian dari..
a. Teks narasi
b. Teks argumentasi
c. Teks persuasi
d. Teks eksposisi *
e. Teks deskripsi

2. Jenis pengembangan teks eksposisi yang rinciannya digolongkan dalam suatu objek ke dalam bagian-bagian disebut jenis pengembangan..
a. Definisi
b. Verifikasi
c. Klasifikasi *
d. Aktualisasi
e. Disertasi

3. Dalam membuat karangan eksposisi, penulis harus mengetahui perincian tentang suatu topik yang ingin dibahas, kemudian membagi perincian tersebut berdasarkan..
a. Urutannya
b. Urutan kronologinya *
c. Urutan waktu
d. Tempat kejadian
e. Pilihan waktu

4. Kegiatan menganalisis isi dari teks eksposisi ini dapat menggunakan struktur dan kaidah kebahasaan dalam penyusunan teks eksposisi. Analisis teks eksposisi ini dapat dilakukan mulai dari mengukapkan pembukaan..

a. Tesis, vokal, dan penutup
b. Analisis, argumen, dan penutup
c. Tesis, isi, dan penutup
d. Tesis, argumen, dan penutup *
e. Argumen, analisis, penutup

5. Teks eksposisi itu sendiri bisa disaksikan di beberapa media massa, seperti..
a. Koran *
b. Televisi
c. Siaran langsung
d. Radio
e. Pidato

6. Suatu paragraf eksposisi yang memiliki isi mengenai pengertian akan sesuatu hal. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari..
a. Eksposisi proses
b. Eksposisi klasifikasi
c. Eksposisi pertentangan
d. Eksposisi definisi *
e. Eksposisi cerita

7. Salah satu contoh pola pengembangan teks eksposisi adalah analogi. Yang dimaksud eksposisi analogi adalah..
a. Memaparkan sesuatu dengan jelas
b. Memaparkan sesuatu dengan jelas
c. Menguraikan maksud dan tujuan *
d. Menilai penyajian teks eksposisi
e. Khayalan atau fiksi

8. Perhatikan teks berikut!
Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.

Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi..
a. Teks
b. Berita
c. Analisis *
d. Perbandingan
e. Proses

9. Di bawah ini merupakan struktur teks eksposisi, kecuali..
a. Pembukaan
b. Pendapat
c. Argumen
d. Penutup
e. Rangkuman *

10. Perhatikan contoh teks berikut!
Kadang-kadang kepandaian dan keberuntungan tidak selalu sejalan. Seperti yang terjadi di SMA kelas XII. Misalnya, di setiap tahun selalu ada siswa yang pandai dan mempunyai nilai akademik baik namun siswa tersebut tidak berhsil lolos SNMPTN. Di sisi lain ada siswa yang mempunyai kemampuan akademik yang biasa-biasa saja namun berhasil lolos SNMPTN, bahkan pada jurusan-jurusan favorit.

Teks tersebut termasuk dalam pola pengembangan teks eksposisi..
a. Analogi
b. Contoh *
c. Sebab-akibat
d. Proses
e. Akibat-sebab

BACA JUGA : Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tentang Menyusun Laporan Hasil Observasi

11. Teks berikut yang termasuk ke dalam jenis teks eksposisi berita adalah..

a. Kebijakan pemerintah seringkali menyusahkan rakyat kecil. Misalnya kenaikan harga BBM sangat meresahkan rakyat menengah ke bawah. Naiknya harga BBM akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik. Keadaan seperti ini akna menuntut rakyat mesti memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhannya

b. Para penjual makanan mengeluhkan atas kenaikan harga BBM. Pasalnya, naiknya harga BBM membuat bahan-bahan baku naik. Alhasil, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil porsi atau menaikkan harga makanan yang mereka jual *

c. Hukum yang ada di Indonesia ibarat sebuah pisau, di mana tajam ke bawah namun tumpul ke atas pencuri sandal diancam hukuman penjaran 5 tahun. Sebaliknya, koruptor yang telah merugikan uang negara hanya dihukum 1 tahun penjara

d. Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah untuk membusuk seperti kertas, platik pembungkus makanan dan botol. Kemudian sampah organik aalah sampah yang sangat mudah membusuk seperti sayuran, sisa makanan, daun, dan lain-lain

e. Dari 2.000 anak usia sekolah di Desa Sukamaju Kecamatan Sukacita diketahui bahwa ada 15 anak yang bersekolah melanjutkan ke jenjang SMA, ada 25 anak yang berhasil melanjutkan ke tingkat SMP, 500 berhasil lulus SD, yang lain tidak tamat sekolah dasar. Hal itu dapat dikatakan bahwa rata-rata anak usia sekolahdi Desa Sukamaju berpendidikan rendah

12. Berikut merupakan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam pembuatan teks eksposisi yang benar, kecuali..
a. Menentukan tema
b. Memilih data-data pendukung yang sesuai dengan tema
c. Membuat kerangka karangan
d. Menyimpulkan dengan langkah yang benar *
e. Menentukan tujuan

13. Dalam suatu teks eksposisi bagian pembuka yagn memuat tentang pandangan awal penulis. Pandangan awal penulis tersebut bersifat opsional. Sifat dari opsional mengandung arti..
a. Wajib ada dalam suatu teks eksposisi
b. Setengah ada dalam suatu teks ekspoisi
c. Boleh ada dan boleh juga tidak ada dalam suatu teks eksposisi *
d. Topik dalam teks boleh seperti rangkuman
e. kejadian harus beruntun

14. Dalam bagian suatu teks eksposisi terdapat pendapat dari penulis yang dapat dipermasalahkan. Bagian ini merupakan gagasan utama tentang permasalahan teks eksposisi. Permasalahan tersebut harus dilandasi dengan..
a. Fakta *
b. Inisial
c. Nama asli penulis
d. Data lengkap
e. Langkah langkah

15. Penjabaran suatu proses, seperti proses pembuatan suatu objek, langkah-langkah, urutan peristiwa secara lengkap. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari isi teks eksposisi berdasarkan jenis pengembangan..
a. Klasifikasi
b. Analisis *
c. Perbandingan
d. Argumentasi
e. Perusasi

16. Semua orang dapat menyusun berita baik media elektronik maupun media cetak. Salah satu contoh teks eksposisi dapat dilihat di..
a. Telepon
b. Koran *
c. Diskusi
d. Seminar
e. Sidang

17. Pada bagian penutup dalam sebuah teks eksposisi harus dilengkapi dengan penegasan yang dikemukakan penulis dalam bentuk..
a. Sama
b. Samar-samar
c. Jelas *
d. Baik
e. Berbeda

18. Perhatikan teks berikut ini!
1) Merokok berbahaya bagi semua orang
2) Asap rokok yang kita hirup mengandung racun yang berbahaya.
3) Banyak penyakit yang ditimbulkan asap rokok, misalnya asma atau paru-paru
4) Asap rokok, merusak tubuh kita secara tidak langsung
5) Oleh karena itu, kita harus menghindari rokok

Penegasan dari tesis kutipan teks eksposisi di atas adalah pada kalimat..
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5 *

19. Perhatikan teks berikut ini!
Indonesia memiliki berbagai rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur. Salah satunya adalah kencur. Kencur selain sebagai bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional yaitu obat batuk herbal. Untuk obat batuk, kencur bisa dicampur dengan jeruk nipis, jahe, dan madu.

Isi teks eksposisi di atas adalah
a. Indonesia memilik beragam rempah
b. Kencur bisa digunakan sebagai obat batuk
c. Kencur salah satu rempah
d. Jeruk nipis, jahe, dan madu harus dicampur kencur
e. Kencur adalah bumbu dapur yang berkhasiat *

20. Padatnya jadwal pelajaran di sekolah menyebabkan aktivitas siswa untuk belajar tari tradisional di luar jam sekolah semakin sulit. Meski demikian, tari Remo, salah satu ikon produk seni dan budaya Jawa Timur, masih diminati anak-anak untuk belajar tari Remo, “kata Dini Ariati, pemimpin sanggar tari Remo, “Laboratorium Remo” di sela-sela pembukaan Festival Budaya di Surabaya, Kamis (31/5).

Judul yang tepat untuk wacana eksposisi di atas adalah..
a. Tari Remo Masih Diminati Anak-anak
b. Tari Remo sebagai Seni Budaya Jawa Timur *
c. Festival Budaya di Surabaya
d. Ikon Budaya Jawa Timur
e. Belajar Tari Remo

BACA JUGA: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Tentang Drama

21. Dalam bagian penutup suatu tesis terdapat tentang struktur teks eksposisi. Penulisan teks eksposisi tersebut mengandung beberapa unsur kebahasaan sebagai ciri kebahasaan yang membedakannya. Salah satu ciri kebahasaan dalam teks eksposisi, yaitu..

a. Mengunakan kalimat tanya
b. Menggunakan kalimat perintah
c. Menggunakan titik dan koma
d. Menggunakan kalimat pronomina *
e. Menggunakan kalimat seru

22. Seorang pelajar perlu secara fisik memberikan komitmennya dalam belajar, misalnya dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam mencari bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal yang penting ditemui dalam belajar. Komitmen secara mental juga diperlukan yaitu dengan memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas dari telinga kiri ke telinga kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak. Komitmen secara mental dapat dilakukan dengan mengaitkan informasi baru yang diterima dengan pengalaman kita mencari cara ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru. Dengan demikian, komitmein adalah prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran. www.kompas.com

Arti kata “komitmen” dalam kutipan tersebut adalah..
a. Kekuatan dalam menghadapi tantangan
b. Kesukaan dalam mengerjakan sesuatu
c. Cara yang dilakukan dalam pekerjaan
d. Pikiran yang dianggap sangat tepat
e. Perjanjian untuk melakukan sesuatu *

23. Alasan berupa bukti yang dapat mendukung tesis penulis. Berisi penjelasan secara lebih mendalam tentang pernyataan tesis (pendapat) yang diyakini kebenarannya melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis. Hal ini merupakan pengertian dari..
a. Narasi
b. Eksposisi
c. Mediasi
d. Argumentasi *
e. Eksploitasi

24. Ini merupakan bagian akhir dari sebuah teks eksposisi yang berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi. Disebut apa struktur teks eksposisi yang dimaksud..
a. Tesis
b. Argumentasi
c. Contoh
d. Fakta
e. Penegasan ulang *

25. Hal ini tampak dari pertumbuhan kredit yang mencapai 26-28% sekaligus didorong oleh harga BBM yang rendah karena masih disubsidi oleh pemerintah.
Struktur teks eksposisi pada penggalan teks di atas adalah..
a. Tesis
b. Argumentasi berupa fakta *
c. Argumentasi berupa para ahli
d. Argumentasi berupa alasan logis
e. Penegasan ulang pendapat

26. Penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan. Narkoba memiliki efek ketagihan. Setiap jenis narkoba, memiliki efek yang berbeda-beda diantaranya adalah dapat menyebabkan detak jantung yang lebih cepat dari normal bahkan banyak kasus orang yang menggunakan narkoba sampai mengalami kematian karena overdosis.
Ide pokok paragraf di atas adalah..
a. Penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan karena memiliki efek ketagihan
b. Penyalahgunaan narkoba berbaya bagi kesehatan *
c. Narkoba memiliki efek ketagihan
d. Setiap jenis narkoba memiliki efek yang berbeda-beda
e. Narkoba dapat menyebabkan overdosis

27. Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya. Selain itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati diri Bangsa Indonesia dan berkualitas.
Struktur teks eksposisi pada penggalan teks di atas adalah..
a. Tesis
b. Pernyataan pendapat
c. Argumentasi berupa fakta
d. Argumentasi berupa para ahli *
e. Penegasan ulang pendapat

28. Di bawah ini yang termasuk jenis-jenis teks eksposisi, kecuali..
a. Eksposisi definisi
b. Eksposisi identifikasi
c. Eksposisi ganda *
d. Eksposisi ilusrasi
e. Eksposisi klasifikasi

29. Langkah-langkah dalam membuat teks eksposisi yang berurutan adalah..
a. Tema – kerangka – tujuan
b. Tema – tujuan – kerangka – memilih data
c. Tujuan – memilih data – tema
d. Tema – tujuan – memilih data – kerangka karangan – mengembangkan kerangka menjadi karangan *
e. Tujuan – tema – mengembangkan kerangka karangan

30. Bagian yang berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi disebut dengan..
a. Tema
b. Penegasan ulang
c. Argumentasi
d. Amanat
e. Tesis *

Itu lah Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tentang Mengembangkan Pendapat dalam Eksposisi semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan latihan untuk mengasah materi lebih dalam. Semoga bermanfaat.