Inilah Makna Istilah Iron Stock Bagi Mahasiswa

oleh -3.466 views

Berbagiruang.com – Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Mahasiswa adalah orang yang belajar diperguruan tinggi, secara administrasi mereka terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi. Namun pengertian mahasiswa tidak hanya sebatas terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi, melainkan mahasiswa memiliki peranan yang lebih luas dari sekedar murid biasa yang belajar di perguruan tinggi. Mahasiswa mengemban tugas yang besar demi perbaikan di negeri ini.

Salah satu peran mahasiswa adalah sebagai iron stock. Secara harfiah Iron Stock diartikan sebagai stok besi, namun secara makna iron stock berarti mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa, yang nantinya akan menjadi pemegang tonggak kepemimpinan bangsa ini. Mahasiswalah yang akan menggantikan generasi saat ini dan memperbaiki kekurangan saat ini menjadi lebih baik lagi.

Peran Iron Stock yang harus di penuhi mahasiswa.

 

Mahasiswa sebagai Iron Stock berarti bahwa mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa di masa depan. Maka dari itu, mahasiswa harus memiliki budi pekerti yang luhur serta moralitas yang baik. Mahasiswa tidak cukup hanya menjadi akademisi yang duduk mendengarkan perkuliahan dosen, tetapi juga harus memiliki intelektualitas dan wawasan yang luas.

Misalnya dengan memperkaya wawasan tentang kehidupana berbangsa dan bernegara, wawasan tentang keprofesian, serta wawasan tentang kemasyarakatan. Mahasiswa juga harus mengembangkan soft skill seperti leadership, kemampuan memposisikan diri, sensitivitas yang tinggi, pemikiran yang kritis, serta kemampuan komunikasi yang baik.

Mahasiswa hendaknya mempelajari segala kesalahan dan kekurangan generasi sebelumnya sehingga dapat menjadi bahan evaluasi dan dapat diperbaiki saat mahasiswa menjadi siap untuk memimpin bangsa. Mahasiswa juga di tuntut untuk berfikir kritis dalam melihat kejadian-kejadian yang terjadi disekiratnya sehingga mampu mengembangkan dirinya.

Peran iron stock dapat dilakukan sedikit demi sedikit dimulai dari hal kecil yaitu ikut berpartisipasi dan melibatkan diri dalam acara kampus, maupun ikut berorganisasi di dalam atau diluar kampus.

Dengan begitu mahasiswa memiliki bekal yang kuat untuk menjadi calon pemimpin bangsa di kemudian hari. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa suatu saat nanti yang menjadi negarawan yang didambakan oleh bangsa ini berasal dari aktivis kampus.*