Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

oleh -426 views

Berbagiruang.com – Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan agar dapat menghasilkan cuan. Salah satunya adalah dengan memulai bisnis online. Untuk menjalankannya tentu Anda memerlukan strategi dan cara memulai bisnis online yang tepat agar dapat menghasilkan keuntungan.

Untuk menjalankan bisnis online saat ini memang tidak bisa dikatakan mudah. Dengan banyaknya pesaing yang memiliki usaha serupa tentu menjadi tantangan yang harus Anda hadapi. Namun, dengan ketekunan akan membantu Anda untuk melewati rintangan tersebut.

Semakin banyak yang tertarik menjalankan bisnis online karena bisnis online menjanjikan banyak keuntungan. Misalnya, bisnis online yang memang sangat fleksibel dilakukan dimanapun. Anda bisa menjalankan bisnis online rumahan tanpa harus menyewa toko.

7 Kiat Memulai Bisnis Online

Keuntungan menjual produk secara online diantaranya yaitu dapat menjangkau pasar yang lebih luas, dan dapat meminimalkan biaya operasional. Dengan begitu bisnis online untuk pemula dapat dijalankan tanpa harus menggunakan modal yang cukup besar.

Jika Anda tertarik menjalankan bisnis online dari rumah tentunya Anda membutuhkan banyak informasi. Anda perlu memahami cara memulai bisnis online rumahan agar dapat menjalankan usaha dengan baik. Sehingga keinginan Anda untuk dapat cuan dapat terpenuhi.

Cara membuka usaha online shop sendiri saat ini menjadi semakin mudah. Pada dasarnya setiap orang dapat menerapkan cara memulai bisnis online yang berbeda-beda. Namun, Anda juga dapat menerapkan cara memulai bisnis online dari nol seperti berikut ini;

1. Menentukan Produk Yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebagai cara memulai bisnis online adalah menentukan produk apa yang akan Anda jual. Apakah produk yang akan dijual nanti merupakan produk produksi sendiri atau Anda berperan sebagai reseller maupun dropshipper.

Anda perlu mempertimbangkan keuntungan maupun kerugiannya dengan baik terkait pilihan tersebut. Apabila Anda memutuskan untuk menjadi reseller maupun dropshipper sebaiknya pilihlah produk dari supplier tangan pertama.

Sehingga nantinya Anda dapat menentukan harga jual agar tidak terlalu tinggi. Bahkan melampaui harga rata-rata yang digunakan oleh kompetitor agar dapat memperoleh keuntungan. 

2. Menentukan Platform Untuk Menjual Produk

Untuk menjual produk secara online, tentunya Anda memerlukan platform yang tepat sebagai tempat untuk berjualan. Ada berbagai macam platform yang bisa Anda pilih. Baik berupa media sosial seperti instagram maupun e-commerce seperti Shopee, Lazada, dan lain-lain.

Anda dapat menyesuaikan jenis platform yang akan digunakan dengan produk yang Anda jual nantinya. Dengan tempat yang tepat untuk menjual produk memungkinkan bagi Anda agar dapat memaksimalkan tingkat penjualan.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap platform memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Misalnya saja, Anda ingin berjualan melalui Shopee. Untuk itu Anda perlu memahami dulu bagaimana cara memulai bisnis online di Shopee sesuai dengan ketentuan platform tersebut.

3. Mempersiapkan Toko Online

Sama seperti halnya toko offline, tampilan bisnis online shop juga perlu dipersiapkan dengan baik agar mampu menarik perhatian calon pembeli. Anda perlu menentukan tema dan mengatur desain online shop Anda agar dapat meningkatkan brand awareness.

Dengan visual yang menarik akan mampu meningkatkan kemungkinan terjadinya transaksi pembelian. Tema yang Anda gunakan alangkah baiknya disesuaikan juga dengan produk yang akan Anda jual. Dengan begitu antara toko dengan produk yang dijual akan terlihat harmonis.

Agar terlihat lebih professional sebaiknya gunakan foto-foto produk maupun video dengan kualitas yang HD untuk meningkatkan value produk. Karena semakin meningkatnya nilai suatu produk di mata calon pembeli kemungkinan terjadinya penjualan akan lebih tinggi.

4. Aktif Melakukan Promosi Produk

Langkah selanjutnya untuk cara memulai bisnis online yaitu melakukan promosi produk secara rutin. Karena umumnya keberadaan toko yang baru dimulai jarang diketahui oleh calon pembeli. Maka Anda perlu melakukan promosi untuk memperkenalkan toko tersebut.

Jika Anda membuka toko online di Shopee, Anda juga dapat melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram, tik-tok, dan lainnya untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli. Anda juga dapat menggunakan berbagai fitur yang ada untuk mendukung promosi.

Gunakan strategi yang tepat sasaran pada kegiatan pemasaran produk. Anda dapat menggunakan metode promosi secara gratis maupun berbayar. Tentu saja hal tersebut harus disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Maka pertimbangkan dengan baik.

Jika Anda menggunakan metode promosi secara gratis melalui media sosial, Anda bisa memaksimalkannya melalui konten yang Anda buat. Anda bisa membuat konten berupa foto maupun video, dengan memanfaatkan teknik copywriting untuk menarik calon pelanggan.

5. Mempertahankan Pelanggan

Ketika bisnis Anda sudah mulai stabil, fokus Anda selanjutnya tidak hanya untuk mencari pelanggan baru saja. Anda juga perlu memikirkan bagaimana cara mempertahankan para pelanggan setia.

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membantu mempertahankan para pelanggan. Misalnya saja dengan memberikan diskon maupun promo. Anda dapat secara rutin memberikan penawaran khusus untuk pelanggan setia Anda.

Selain dengan pemberian diskon ataupun promo, Anda juga harus mempertahankan kualitas produk serta meningkatkan kualitas pelayanan toko. Dengan kualitas pelayanan yang baik akan membuat kepercayaan pelanggan kepada toko Anda semakin meningkat.

Dengarkan pendapat serta saran-saran yang diberikan oleh pelanggan untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi. Ciptakanlah solusi dari keluhan-keluhan yang telah disampaikan. Dengan begitu pelanggan akan semakin puas dengan bisnis online Anda.

6. Perhatikan Pencatatan Keuangan 

Salah satu hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan dari cara memulai bisnis online adalah pencatatan keuangannya.

Kemajuan bisnis tidak hanya dilihat dari seberapa besar angka penjualan suatu produk. Tetapi juga memperhatikan seberapa besar keuntungan yang didapat.

Untuk menyusun catatan keuangan dari bisnis online perlu dilakukan secara sistematis. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda nantinya untuk menganalisa perputaran modal dan membuat keputusan yang lebih baik untuk kemajuan bisnis tersebut.

Ketika menjalankan bisnis guna mempermudah penyusunan pembukuan, Anda perlu memisahkan rekening pribadi dengan rekening untuk keperluan usaha. Pastikan Anda melakukan pencatatan keuangan secara rutin untuk memantau perkembangan bisnis.

7. Rutin Melakukan Evaluasi

Langkah terakhir cara memulai bisnis online adalah dengan rutin melakukan evaluasi. Manfaat dari melakukan evaluasi misalnya yaitu untuk menilai apakah bisnis yang dijalankan sudah mencapai hasil yang diharapkan atau belum.

Evaluasi bisnis secara rutin dapat mempermudah Anda untuk menemukan masalah atau kesalahan yang terjadi dalam bisnis sedini mungkin.

Dengan mengetahui bagaimana kinerja bisnis yang telah dijalankan akan sangat membantu dalam menentukan langkah perbaikan yang berkelanjutan. Hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis online Anda selanjutnya.

Itulah langkah-langkah atau cara memulai bisnis online yang bisa Anda terapkan. Dengan mengikuti keseluruhan dari langkah-langkah tersebut memungkinkan bagi Anda untuk dapat menjalankan bisnis online dengan baik. Selamat mencoba!

No More Posts Available.

No more pages to load.