Menjadi Mahasiswa Yang Susungguhnya

oleh -965 views

Berbagiruang – Pada saat ini banyak siswa  yang berlomba-lomba untuk menjadi seorang mahasiswa. Siswa berlomba-lomba untuk masuk ke perguruan tinggi demi menyandang status mahasiswa yang bergengsi itu. Tidak dapat dipungkiri bahwa menyandang status mahasiswa menjadi kebanggan tersendiri karena memiliki tempat spesial dalam tantanan masyarakat.

Namun, menjadi seorang mahasiswa tidak lah semudah yang dibayakankan. Banyak hal yang harus dilakukan dan harus mampu melakukan segala hal, selain itu mahasiswa mengemban tugas yang berat yaitu sebagai agen perubahan yang diharapkan mampu mengubah segala ketidak adilan yang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu, mahasiswa menjadi satu-satunya harapan masyarakat dan menjadi generasi penerus bangsa.

Cara menjadi mahasiswa sesungguhnya

Menjadi mahasiswa yang sesungguhnya maksudnya adalah menjadi mahasiswa yang tidak hanya duduk dibangku dan mendengarkan kuliah dari dosen, tetapi juga menjadi mahasiswa yang mampu menjalankan perannya sebagai agen perubahan, social control, dan iron stock.

Pertama, rajin mengikuti perkuliahan, dan menggali wawasan di luar jam perkuliahan. Mahasiswa dituntut untuk memiliki intelektualitas yang tinggi dan memiliki permikiran yang kritis atas hal-hal yang terjadi disekitarnya. Maka dari itu, mahasiswa harus selalu mengikuti perkuliahan dan tetap menggali wawasan saat berada di luar jam kuliah dengan membaca sebanyak mungkin buku yang ada. Mahasiswa juga harus mampu menganalisis peristiwa yang terjadi di sekitarnya sehingga mampu mencari solusi yang tepat atas peristiwa tersebut.

Kedua, dengan mengikuti organisasi baik itu di dalam maupun di luar kampus. Dengan mengikuti organisasi dapat melatih dan meningkatkan softskill diantaranya, leadership, kemampuan berkomunikasi, kerja sama,  kemampuan untuk memposisikan dirinya, serta meningkatkan pemikiran yang kritis. Dengan aktif di organisasi, mahasiswa dapat berdiskusi dengan sesama anggota organisasi tetang isu-isu yang terjadi di masyarakat kemudian dicarikan solusi yang terbaik.

Selanjutnya adalah dengan memanej waktu. Mahasiswa harus mampu mengatur waktu sebaik mungkin. Karena harus membagi waktu dengan perkuliahan dan aktivitas di luar perkuliahan seperti organisasi. Seorang mahasiswa tidak boleh berat sebelah, akademik dan organisasi harus seimbang, dengan begitu kita dapat menjadi mahasiswa yang sesungguhnya.*

No More Posts Available.

No more pages to load.