Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Proyek Perangkat Lunak Tentang Metodelogi Pengembangan dan SCRUM

oleh -6,999 views

Berbagiruang.com – Berikut adalah Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Proyek Perangkat Lunak Tentang Metodelogi Pengembangan dan SCRUM yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Dengan adanya soal latihan ini semoga bisa sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian.

1. Berikut ini yang bukan proses yang harus terpenuhi dalam pengembangan software dengan menggunakan Waterfall adalah ?
a. Setiap fase membutuhkan dokumentasi yang tepat
b. Jumlah sumber daya yang dibutuhkan minimal
c. Setiap fase selesai dalam periode waktu tertentu, setelah itu pindah ke fase berikutnya
d. Pelanggan dapat diyakinkan dengan sampel cara aplikasi sebelum pengembangan tercapai*

2. —
Gambar diatas merupakan tahapan-tahapan dalam metode pengembangan perangkat lunak untuk metode pengembangan perangkat luak yang mana ?
a. V-Model*
b. Waterfall
c. Agile
d. Prototyping

3. Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak dikenal juga dengan istilah berikut, kecuali ?
a. System Development Methodology
b. Software Development Process
c. Software Model*
d. Software Development Lifecycle

4. serangkaian tindakan yang direncanakan dan dilaksanakan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan, dibatasi oleh tenggat waktu, dan memiliki biaya tertentu. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari ?
a. Proyek*
b. Proses Pengembangan Perangkat Lunak
c. Metodelogi Pengembagan Perangkat Lunak*
d. Manajemen Proyek

5. Berikut pernyataan yang benar terkait dengan Agile Metodologies, kecuali ?
a. Merupakan jenis atau kelompok iterative model*
b. Setiap aspek pengembangan (requirements, design, …) secara terus-menerus ditinjau kembali sepanjang siklus hidup pengembangan Software
c. Menggunakan Pendekatan inspeksi dan adaptasi
d. Memungkinkan ternjadinya perubahan arah saat proyek sedang berjalan

6. Berikut pernyataan yang benar terkait dengan Agile Metodologies, kecuali ?
a. Menggunakan Pendekatan inspeksi dan adaptasi
b. Merupakan gabungan incremental dan iterative model
c. Setiap aspek pengembangan (requirements, design, …) secara terus-menerus ditinjau kembali sepanjang siklus hidup pengembangan Software
d. Merupakan jenis atau kelompok iterative model*

7. Dalam metode pengembangan SCRUM, Siapakah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan hasil yang diharapkan dan mengetahui cara menyelesaikan sesuatu ?
a. Stakeholders
b. Setiap aspek pengembangan (requirements, design, …) secara terus-menerus ditinjau kembali sepanjang siklus hidup pengembangan Software
c. Product Owner
d. Scrum Master*

8. Berikut ini merupakan urutan yang tepat dari kegiatan umum dalam proses pengembangan perangkat lunak ?
a. Software : Specification -> Design -> Development -> Evolution -> Validation
b. Software : Specification -> Design -> Development -> Validation -> Evolution*
c. Software : Design -> Specification -> Development -> Evolution ->Validation
d. Software : Specification -> Design -> Development -> Evolution ->Validation

9. Manakah berikut ini yang tidak termasuk dalam jenis model pengembangan peragkat lunak ?
a. Iterative
b. Waterfall*
c. Incremental
d. Adaptive

10. Tujuan yang didefinisikan dengan baik, banyak persyaratan dan solusi, sedikit permintaan perubahan ruang lingkup merupakan salah satu ciri utama dari model pengembangan peragkat lunak jenis yang mana ?
a. Iterative Model
b. Adaptive models
c. Incremental Model
d. Linear Model*

11. Jika dalam pengembangan proyek perangkat lunak dimana user atau pemilik sistem sudah memiliki tujuan yang didefinisikan dengan baik terkait dengan software yang akan dikembangkan akan tetapi belum mengetahui dengan baik wujud atau bentuk perangkat lunak yang akan dikembangakan, tidak semua fitur diketahui, maka model pengembangan peragkat lunak yang mana yang paling cocok digunakan ?
a. Linear Model
b. Iterative Model*
c. Incremental Model
d. Adaptive Model

12. Manakah diantara beikut ini yang bukan merupakan Software Development Methodologies ?
a. Agile
b. Iterative Model*
c. V-Model
d. Prototyping

13. Berikut ini adalah pernyataan yang benar terkait dengan Waterfall, kecuali?
a. Hanya mensimulasikan beberapa aspek dari produk akhir*
b. Persyaratan Harus jelas sebelum langkah berikutnya dilaksankan
c. Merupakan salah satu dari Linear Model
d. Periode waktu didefinisikan untuk setiap langkah

14. merupakan salah satu jenis dari Agile Methodology yag menggabungkan model Iterative, Incremental dan Extreme adalah pengertian dari ?
a. Extreme Perangkat
b. Extreme Proyek
c. Extreme Programming*
d. Extreme Produk

15. Menentukan semua fase pengembangan perangkat lunak, mulai dari spesifikasi kebutuhan klien, hingga tahap akhir pembuatan perangkat lunak adalh pengertian dari ?
a. Software Lifecycle*
b. Software Lifestyle
c. Software Lifeauto
d. Software Linier

16. kerangka kerja manajemen proyek tangkas ringan yang terutama digunakan untuk pengembangan perangkat lunak adalah ?
a. Scrum*
b. Serum
c. strum
d. Screm

17. Berikut ini yang bukan merupakan tugas seorang Product Owner dalam SCRUM ?
a. Menentukan fitur-fitur yang harus ada dalam Produk PL
b. Mengatur penyesuaian fitur dan prioritas setiap iterasi, sesuai kebutuhan
c. Menerima atau menolak hasil pekerjaan team
e. Responsible for enacting Scrum values and practices*

18. Berikut ini dalah karakteristik dari SCRUM Methodology, Kecuali ?
a. Persyaratan/Kebutuhan dianggap sebagai item dalam daftar “product backlog”
b. Produk berkembang dalam serangkaian “sprint” selama sebulan
c. Menggunakan praktik rekayasa khusus yang ditentukan sebelumnya*
d. Tim yang mengatur diri sendiri

19. Berikut ini adalah prinsip utama yang harus selalu di pegang oleh team pengembang Perangkat Lunak yang dituangkan dalam bentuk pertanyaan kecuali ?
a. Apa yang kamu lakukan kemarin?
b. Apa yang akan Anda lakukan hari ini?
c. Apa kebutuhan anda?*
d. Apakah ada yang menghalangi Anda?

20. Hal-hal yang harus dipatuhi ketika sprint berlangsung, kecuali ?
a. Tidak boleh ada perubahan yang dapat membahayakan tercapainya Sprint Goal
b. Kualitas Sprint Goal boleh menurun*
c. Scope dapat diklarifikasikan dan dinegosiasikan ulang diantara Product Owner dan Tim Pengembang seiring dengan bertambahnya pengetahuan pada event sprint review.
d. Durasi sprint tidak boleh berubah

21. Berikut ini pernaytaan yang benar terkait SCRUM, kecuali ?
a. Produk Perangkat Lunak baru dapat dilihat hasilnya setelah semua tahapan selesai*
b. Setiap dua minggu hingga sebulan setiap orang dapat melihat perangkat lunak yang berfungsi dan memutuskan untuk merilisnya apa adanya atau terus meningkatkannya untuk sprint lain.
c. Dengan SCRUM memungkinkan kita untuk secara cepat dan berulang kali memeriksa perangkat lunak yang aktif atau yang telah diselesaikan (setiap dua minggu hingga satu bulan).
d. Tim mengatur diri sendiri untuk menentukan cara terbaik untuk menghadirkan fitur dengan prioritas tertinggi berdasarakan prioritas Bisnis

22. Team dalam pengembangan perangkat lunak minimal terdiri atas, kecuali ?
a. Network Administrator*
b. Database Administrator
c. Programmer
d. User experience designers

23. Team dalam pengembangan perangkat lunak minimal terdiri atas, kecuali ?
a. User experience designers
b. Database Administrator
c. Tester
d. System Administrator*

24. Pertemuan retrospektif terjadi setelah pertemuan review, dimana selompok Scrum bertemu dan berbicara mengenai hal-hal berikut, kecuali ?
a. Apa saja yang tidak berjalan seperti yang direncanakan dalam sprint
b. Item tindakan yang harus ditindaklanjuti.
c. Mendefinisikan fitur yang harus ada dalam produk*
d. Apa saja yang terjadi dengan baik selama sprint

25. merupakan kontainer dari event – event SCRUM yang lain yang memiliki batasan waktu tertentu. Batasan untuk satu kali sprint biasanya selama satu bulan atau kurang adalah penjelasan dari ?
a. SCRUM
b. Sprint*
c. retrospektif
d. SCRUM Methodology

26. Berikut ini adalah team dalam penerapan SCRUM dalam pengembangan proyek PL berdasarkan Role SCRUM , kecuali ?
a. Calon Pengguna*
b. Produk Owner
c. Team Pengembang
d. SCRUM Master

27. semua kebutuhan dari PL yang harus diselesaikan selama pengembangan PL dan memiliki tingkatan skala prioritas untuk diselesaikan. Product Backlog kemudian akan di turunkan untuk pembuatan sprint-sprint yang harus diambil dan diselesaikan oleh team dalam waktu yang ditentukan ( kurang dari satu bulan), berikut adalah penjelasan dari?
a. Scrum Product Backlog*
b. Sprint Product Backlog
c. Role SCRUM Backlog
d. SCRUM Master

28. Dengan menggunakan Framework SCRUM, beuah protek tidak harus memiliki seorang ?
a. Team
b. Pengembang
c. Manajer Proyek*
d. Desaigner

29. Berikut ini adalah kegiatan/aktivitas yang harus dilakukan dalam penerapan SCRUM untuk pengerjaan Proyek PL, Kecuali ?
a. Melakukan rapat harian membahas terkait pelaksanaan SCRUM
b. Perencanaan sprint
c. Sprint Retrospective Meeting
d. Rapat SCRUM dilakukan hanya setiap satu minggu sekali*

30. Berikut ini peran dari SCRUM Master, Kecuali ?
a. Mengatur manajemen untuk pelaksanaan proyek
b. Bertanggung jawab untuk memberlakukan nilai-nilai SCRUM beserta praktiknya
c. Mendefinisikan fitur-fitur yang harus ada dalam produk Perangkat Lunak*
d. Mengaktifkan, memastikan dan meningkatkan kerja sama tim di semua peran dan fungsi