Inilah Alasan Mengapa Mahasiswa Sering Disebut Sebagai Agen Perubahan

oleh -1.095 views

Berbagiruang.com – Mahasiswa berarti “Maha” dari Siswa. Kata “Maha” yang disematkan di depan kata siswa merupakan sebuah gelar yang mengartikan bahwa mahasiswa memiliki keistimewaan dan kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa. Oleh sebab itu, mahasiswa harus mampu menjaga gelar tersebut supaya benar-benar memiliki keistimewaan.

Mahasiswa memiliki peranan penting dalam perubahan yang terjadi di negeri ini. contohnya pada tahun 1998 yang memicu terjadinya perubahan dari orde baru menuju ke era reformasi. Hal yang menjadi pemicu terjadinya peristiwa tersebut adalah saat ribuan mahasiswa turun kejalan dan menduduki gedung DPR/MPR. Hal ini disebabkan karena pada masa pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Soeharto mengamalami kemerosotan, ekonomi memburuk, KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) yang tinggi serta kemiskinan yang meningkat.

BACA JUGA: Inilah Persiapan Untuk Menjadi Seorang Mahasiswa

Melihat kondisi tersebut, mahasiswa sebagai agen perubahan menuntut adanya perubahan dalam pemerintahan, sehingga runtuhlah era orde baru yang di pimpin oleh Presiden Soeharto dan masuklah era reformasi. Dari peristiwa ini, tidak di pungkiri bahwa mahasiswa dengan intelektualitasnya memiliki kekuatan yang luar biasa yang mampu menggulingkan orde baru sekalipun dan merubahnya menjadi reformasi. Hal ini persis seperti yang dikatakan Soekarno “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Agen perubahan harapan rakyat.

Mahasiswa menjadi satu-satunya harapan rakyat untuk mampu membela dan memihak rakyat yang lemah. Rakyat yang tidak mampu melakukan apa-apa saat kebijakan pemerintah tidak memihak padanya akan mengharapkan mahasiswa mampu merubah keadaan tersebut sehingga pemerintah mempertimbangkan kembali kebijakan yang ada.

BACA JUGA: Peran Penting Mahasiswa Untuk Kemajuan Bangsa Indonesia

Mahasiswa sebagai agen perubahan harus memiliki intelektualitas yang tinggi sehingga mampu berfikir secara ktiris dan memberikan solusi yang terbaik untuk perbaikan di negeri ini. Setiap perkataan dan tindakan yang dilakukan oleh mahasiswa harus dapat dipertanggung jawabkan karena setiap perkataan dan tindakan mahasiswa menjadi harapan rakyat. Peran mahasiswa sebagai agen perubahan harus tetap di tanamkan dalam hati para mahasiswa zaman sekarang, sehingga negeri ini akan selalu mengalami perubahan kearah perbaikan.*