Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Secara Praktis

oleh -28 views

Berbagiruang.com – Ingin membuka bisnis kiloan saat ini? apakah bisnis kiloan zaman sekarang sangat menjanjikan ataukah tidak? Jika iya, bagaimana cara membuka usaha laundry rumahan secara praktis dan efisien?

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang juga pemikiran manusia untuk mencari peluang. Di tengah sibuknya masyarakat perkotaan ini, ada banyak aktivitas yang dilakukan  sehingga tidak ada waktu lagi untuk mencuci pakaian. Sedangkan besoknya pakaian harus dipakai Kembali.

Karena keterbatasan waktu, biasanya orang menjadi malas mencuci dan memilih untuk laundry saja. Nah, bisnis laundry ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan berlebih.

Bagaimana saja cara membuka usaha laundry rumahan ini dengan mudah?

Cara Membuka Usaha Laundry dengan Mudah

Bagaimana sih tahapan atau tips cara  membuka usaha laundry rumahan?

1. Menentukan Harga Pasar

Ada banyak varian harga untuk laundry baju. Dari yang murah, sampai mahal. Kita sebagai orang yang baru merintis bisnis sebaiknya mengetahui pasar terlebih dahulu. mengecek harga,bertanya kepada beberapa calon konsumen tentang harga yang sebaiknya diambil.

Harga boleh lebih mahal tetapi kualitasnya nomor satu jika ingin dilirik oleh konsumen. Jangan juga memberi harga yang terlalu murah, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan jika menggunakan harga pasar yang murah.

2. Menghitung Modal Usaha

Modal usaha sangat diperlukan untuk menyiapkan bisnis laundry. Anda bisa memastikan bahwa Anda sudah menghitung modal dengan rinci dan teliti sesuai kebutuhan nantinya. Tidak perlu terlalu banyak  modal, tetapi jika memugkinkan uangnya bisa digunakan untuk hal lainnya.

Adanya perhitungan ini membuat operasional usaha dapat dilakukan secara efektif.  

3. Menyiapkan Lokasi yang Strategis

Pastinya setiap bisnis pasti mau untuk bisa dilihat dari berbagai sisi atau banyak orang. Nah, untuk itu kita perlu melakukan survei dalam mempertimbangkan lokasi yang akan diambil. Untuk mengetahui apakah penyiapan lokasi ini sebaiknya ada banyak pihak yang turut membantu  mencari lokasi yang strategis.

Bisnis laundry bukanlah bisnis yang baru lagi sehingga ada banyak tempat laundry yang mungkin bertebaran saat ini. untuk itu kita perlu riset untuk menentukan tempat laundry yang minim pesaing. Tempat tersebut sudah jelas memiliki banyak mahasiswa atau pekerja kantoran.

Jika tidak ada kompetitor atau pesaing di tempat yang akan Anda dirikan, maka peluang membuka usaha laundry ini akan jauh lebih mulus lagi. Apabila sudah ada beberapa competitor yang ada berdekatan dengan lokasi yang ingin dipilih, maka Anda butuh strategi marketing pasar yang tepat agar mendapatkan banyak pelanggan.

4. Membuat Standar Pelayanan yang Baik

Untuk membuka usaha, harga yang murah tidak selamanya membawa keuntungan. Pastinya untuk memenangkan persaingan antara kompetitor dibutuhkan  pelayanan yang memuaskan juga. Itu  menjadi salah satu peluang untuk menarik pelanggan, walaupun harganya menjadi lebih mahal.

Agar pelanggan tetap betah untuk laundry di tempatmu, Anda harus membuat pelayanan yang memuaskan pelanggan. Pastinya Anda perlu mengedukasi karyawan bisnis Anda mengenai cara untuk mencuci yang benar sesuai jenis kain, bagaimana  cara menjemur yang benar agar pakaian tidak rusak, dan menyetrika agar pakaian tidak rusak warnanya. 

Dalam pelayanan ini juga dapat dipelajari bagaimana menangani komplain dari pelanggan. Serta prosedur bagaimana mencegah masalah yang sering dialami ketika bisnis laundry, seperti mesin rusak, pakaian tertukar, pakaian hilang, dan kasus lainnya.

Untuk meningkatkan kinerja pelayanan, Anda bisa memberikan reward kepada pelayan dengan menambah bonus atau uang jajan tambahan. Bagi pelanggan, Anda bisa memberikan jaminan atas kesalahan yang dilakukan oleh bisnis laundry.

Itulah beberapa cara membuka usaha laundry rumahan. Semoga berhasil!