3 Sektor Peluang Usaha Di Desa dan Tips-Triknya

oleh -350 views

Berbagiruang.com – Keberadaan desa di bidang ekonomi adalah sebagai penopang roda perekonomian nasional. Itulah mengapa pemerintah Republik Indonesia tak main-main di dalam mengembangkan peluang usaha di desa demi perbaikan sektor ekonomi.

Hal ini tentu saja membuka kesempatan bagi Anda dan siapa saja yang berminat untuk mengeksplorasi berbagai peluang membangun usaha di desa. Akan tetapi sebelum memulainya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama. 

Seperti mempertimbangkan karakteristik usaha yang baik. Selain itu Anda juga harus menimbang jenis usaha yang cocok untuk dijalankan. Sekaligus contoh peluang usaha di desa yang dapat Anda terapkan di tahun 2022 ini.

Ciri Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Perkembangan ekonomi pada suatu daerah tak dapat dilepaskan dari terjadinya perkembangan sarana transportasi. Karena melalui sarana transportasi itulah mobilitas masyarakat di suatu daerah dapat ikut berkembang secara nyata.

Sehingga pada akhirnya kondisi tersebut akan membuat terbukanya peluang usaha di desa yang lebih besar dan sangat menguntungkan. Namun tetap saja Anda harus tahu apa saja karakteristik peluang usaha yang baik untuk dijalankan.

Berikut 5 karakteristik dasar peluang usaha yang baik, yang harus Anda perhatikan, yaitu:

1. Adanya Permintaan Pasar

Indikator peluang usaha di desa yang pertama adalah adanya suatu kebutuhan yang lahir pada pasar. Dimana di pasar tersebut belum ada atau belum banyak suplai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Terdapat Celah Adanya Pengembalian Investasi

Adanya celah keuntungan peluang usaha di desa yang tercipta dari permintaan pasar tersebut. Nantinya keuntungan yang terjadi tersebut bisa Anda dapatkan baik dalam jangka waktu lama, sedang atau cepat.

3. Kompetitif

Nilai peluang usaha di desa yang akan Anda garap memiliki kemampuan untuk bersaing dengan produk atau jenis jasa lain yang tersedia, dilihat dari sudut pandang konsumen. 

4. Ketersediaan Produk Mudah Diakses

Sebelum memulai usaha Anda harus tahu apakah ketersediaan produk yang menjadi bahan baku selalu ada dan berkelanjutan. Itu apabila jenis usaha yang akan Anda bangun memerlukan suplai produk untuk menjalankannya.

5. Memiliki Nilai Risiko Dan Kerugian yang Kecil

Meski terlalu naif jika mencari sebuah peluang usaha di desa yang tak memiliki nilai risiko dan kerugian. Akan tetapi wajib bagi Anda untuk mencari jenis usaha bernilai risiko dan rugi minim, demi menghindari kerugian yang besar.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha

Saat ini banyak sekali peluang usaha yang dapat Anda gali dengan hadirnya kemajuan digital dan teknologi. Berbagai contoh usaha sukses baik berupa lahan usaha baru maupun peremajaan model usaha lama agar terlihat kekinian, dapat banyak Anda temukan.

Akan tetapi sebelum memulai usaha atau bisnis yang akan

ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menilai peluang usaha yang memiliki nilai potensi sukses tinggi. Berikut beberapa langkah dasar memulai usaha yang harus Anda lakukan.

1. Lakukanlah Penghitungan Modal

Mau berskala besar atau berskala kecil, semua bisnis atau usaha yang akan Anda jalankan pasti membutuhkan ketersediaan sebuah modal usaha. Oleh karena itu menghitung modal adalah langkah awal memulai usaha.

Untuk memudahkan langkah ini, Anda dapat melakukan duplikasi rincian modal usaha dari pebisnis atau pengusaha lainnya yang telah menjalankan jenis usaha yang sama. 

2. Pahami Jika Semua Usaha Memiliki Risiko

Memahami hadirnya risiko pada usaha yang akan Anda jalankan sangat penting untuk dilakukan. Mau tak mau semua usaha pasti memiliki nilai risiko. 

Meskipun ada tawaran peluang usaha yang memiliki potensi menggiurkan pun Anda harus tetap menghitung atau mempertimbangkan nilai risiko yang akan hadir. Dengan melakukan hal ini maka Anda akan siap dengan berbagai rencana cadangan demi meminimalkan kerugian.

3. Memastikan Peluang Bisnis

Tidak semua tren bisnis yang terjadi dapat dijadikan sebagai sebuah peluang usaha. Untuk itu sangat penting bagi Anda memastikan tren yang terjadi pada pasar dapat digunakan untuk menjalankan suatu usaha.

Namun bukan berarti juga tren bisnis tak dapat dikembangkan sebagai usaha. Namun saat Anda melakukannya, harus mampu  menghadirkan keunikan usaha agar dapat tampil beda di pasaran, sebagai jalan memperoleh kesuksesan. 

4. Pilih Jenis Usaha Sesuai Passion

Penting untuk memilih sebuah usaha yang sesuai dengan passion yang Anda miliki. Mengapa? Karena semakin Anda menyukai suatu bidang maka semakin paham Anda akan berbagai karakteristik untuk menjalankannya.

Contoh Peluang Bisnis Untuk Di Desa

Jangan dikira tidak banyak peluang usaha yang dapat Anda gali di desa. Karena pada dasarnya sebuah peluang usaha itu tidak tergantung dengan lokasi atau wilayah dimana usaha akan dijalankan. 

Untuk jenis peluang usaha di desa, Anda dapat melihat contoh berbagai usaha di perkotaan, lalu melakukan modifikasi sesuai karakter daerah. Berikut beberapa contoh jenis usaha pedesaan yang dapat Anda gali potensinya.

A. Di Bidang Pariwisata

Bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah yang mempunyai potensi wisata, maka ada banyak peluang yang dapat Anda manfaatkan. Potensi keindahan alam yang ada di daerah Anda dapat dijual guna menambang rupiah.

1. Menyewakan Tempat Penginapan

Meningkatnya gairah wisata pada masyarakat dapat Anda gunakan sebagai celah membuka peluang usaha

Apalagi jika di daerah tempat tinggal Anda ada potensi wisata yang dimiliki. Misalkan keindahan alam, kesejukan udara, keramahan lokal, kebudayaan khas daerah, kuliner lokal atau berbagai potensi lainnya.

Peluang usaha yang dapat Anda garap adalah menyediakan tempat menginap bagi para wisatawan yang akan datang. Tak harus membangun sebuah penginapan yang mentereng. Yang harus Anda utamakan adalah kebersihan serta fasilitas kamar yang sesuai standar.

Untuk memudahkan langkah usaha itu Anda dapat bergabung dengan berbagai aplikasi penyewaan hotel online yang ada. 

2. Usaha Kuliner

Tak hanya mengisi celah usaha berupa kebutuhan tempat menginap. Anda juga dapat menggali peluang usaha di desa melalui keberadaan potensi kuliner setempat. Cobalah untuk mencari berbagai panagan khas di daerah Anda.

Pilihlah jenis makanan khas daerah yang jarang atau tidak dapat ditemukan oleh konsumen di daerah lainnya. Anda dapat melakukan sedikit modifikasi jika memang akan membuat penyajiannya jauh lebih baik dari sisi marketing.

Atau justru Anda sajikan makanan khas daerah tersebut apa adanya sesuai resep dan saran penyajian asli untuk menjual orisinalitas. Untuk pemasarannya ada dua cara. Yang pertama Anda dapat membangun warung kecil atau café.

Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menjualnya melalui berbagai platform online yang ada. Jangan lupa promosikan makanan khas daerah Anda tersebut ke berbagai media sosial, agar gaungnya semakin meluas dan diketahui oleh banyak orang.

3. Penyewaan Kendaraan

Potensi peluang usaha di desa yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk digali, jika lokasi wisata di tempat tinggal Anda tak dapat dilalui oleh jenis kendaraan pribadi. Contohnya menyediakan paket persewaan kendaraan jeep di daerah Dieng atau di daerah Bromo.

Hadirnya usaha ini akan memberi kemudahan bagi para pengunjung yang datang ke lokasi wisata dengan nyaman dan leluasa. Selain itu akan ada sensasi petualangan berbeda yang dirasakan wisatawan yang membuat kesan mendalam.

Tentu pengalaman mengasyikkan tersebut akan membuat para wisatawan dengan sukarela membagikannya ke lingkaran pertemanan yang dimilikinya. Sehingga tanpa sengaja akan dapat menjadi sarana promosi gratis usaha Anda.

4. Menyediakan Souvenir Dan Oleh-Oleh

Hampir semua pengunjung yang mendatangi suatu lokasi wisata akan mencari beragam souvenir serta oleh-oleh lain untuk dibawa pulang. Ini adalah celah pasar yang dapat Anda ambil untuk dikembangkan sebagai peluang usaha di desa.

Selain sebagai buah tangan bagi keluarga dan orang terkasih di rumah, souvenir dan oleh-oleh juga dapat digunakan sebagai kenang-kenangan. Anda dapat menggali potensi usaha ini dengan memanfaatkan berbagai bahan lokal yang ada di daerah.

Hal tersebut selain akan dapat membantu meningkatkan nilai ekonomi Anda, juga akan membantu masyarakat lokal pemilik bahan mentah ikut terangkat ekonominya.

5. Pemandu Wisata

Saat ini kebutuhan akan pemandu wisata di berbagai lokasi wisata merangkak naik. Hal tersebut karena adanya pergeseran kebutuhan para pengunjung tempat wisata untuk menggali informasi lebih dalam lagi, dari sekedar hanya menikmati pemandangannya saja.

Selain karena tumbuhnya kesadaran untuk mencari ilmu pengetahuan yang lebih mendalam. Ingin berbagi di berbagai platform media sosial dengan data-data yang valid juga membuat keberadaan pemandu wisata menjadi banyak dibutuhkan.

B. Di Bidang Perdagangan

Peluang usaha yang dapat digali di daerah pedesaan selain dari sektor pariwisata adalah sektor perdagangan. Mengejutkan, jika Anda mau menggali lebih dalam ternyata ada banyak sekali peluang usaha di desa dari sektor perdagangan yang dapat Anda manfaatkan.

1. Peternakan

Selain karena potensi alam berupa ketersediaan bahan baku serta bahan pangan, membangun usaha peternakan di desa adalah hal lumrah karena lingkungan alamnya. 

Udara di pedesaan yang masih asri dan sejuk dapat menjadi modal dasar memelihara hewan ternak yang sehat. Selain itu lahan hijau di daerah pedesaan juga masih sangat luas yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi potensi polusi udara dari kotoran ternak yang dihasilkan.

Akan tetapi untuk jenis usaha yang satu ini, Anda sebaiknya memiliki partner bisnis demi ketersediaan modal. Sebab nilai modal yang harus ditanamkan memang akan sangat tinggi, baik untuk pengadaan hewan ternak, bahan pangan, sarana maupun biaya operasionalnya.

2. Toko Kelontong

Berbagai kebutuhan harian warga desa atau pengunjung wisata pasti akan sangat besar. Apalagi jika di daerah Anda ada banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. 

Mulai dari warung kuliner, toko oleh-oleh hingga tempat penyewaan kamar akan membutuhkan pemasok bahan baku.

Adanya kebutuhan pasar merupakan peluang usaha di desa yang dapat Anda garap dengan mendirikan toko kelontong. Isilah toko kelontong milik Anda dengan berbagai kebutuhan dasar. Mulai dari kebutuhan pangan hingga sandang.

3. Pulsa

Berjualan pulsa juga dapat Anda gunakan sebagai sarana untuk menjalankan usaha bisnis rumahan di desa. Penggunaan berbagai perangkat telepon pintar adalah salah satu fakta lahirnya akan kebutuhan pulsa sebagai suatu hal yang harus dipenuhi.

Ada banyak keunggulan bisnis jual pulsa. Keunggulan yang pertama yaitu tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Keunggulan yang kedua, pelaksanaannya tidak membutuhkan keahlian khusus tertentu.

Selain itu jual pulsa juga merupakan bisnis yang mudah dirawat, praktis serta dapat dijalankan serta dikerjakan dimana saja. Peluang usahanya juga cukup tinggi karena persaingan jenis usaha ini masih sangatlah rendah di pedesaan.

Akan tetapi meski begitu, agar keuntungan yang datang seperti yang diharapkan, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal yang meningkatkan keuntungan jual pulsa. Antara lain mendapatkan supplier terbaik dari segi harga dan pelayanan serta fasilitas yang disediakan.

Selain itu Anda juga harus membuat promosi agar usaha dapat dikenal lebih luas. Serta yang terakhir buatlah berbagai promosi sebagai pancingan untuk meningkatkan nilai penjualan yang Anda lakukan.

4. Token listrik

Jenis usaha ini juga dapat digolongkan pada sebuah peluang usaha yang bisa dilakukan di pedesaan dan pastinya menguntungkan. Beberapa faktor pendukungnya adalah jumlah kompetitor yang dimiliki belum terlalu tinggi.

Listrik merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan oleh banyak orang. Listrik juga merupakan kebutuhan yang akan diperlukan oleh orang secara berkala dan terus menerus. Agar dapat menghemat penggunaan modal usaha, Anda dapat menyatukannya dengan bisnis berjualan pulsa.

5. Bisnis Bibit Tanaman

Alasan untuk mengembangkan bisnis bibit tanaman sebagai jenis usaha rumahan adalah hampir sama dengan alasan menjalankan usaha peternakan. Alasan tersebut antara lain adalah:

  • Terjadi peningkatan kebutuhan penyediaan bibit tanaman pada sebagian besar masyarakat. Hal tersebut karena sejak merebaknya Covid-19, kebutuhan lingkungan hijau yang sehat jadi meningkat.
  • Bahan baku alam lebih mudah ditemukan.
  • Udara dan cuaca di desa lebih bersih dan menunjang keberhasilan penyemaian bibit tanaman.
  • Pergantian gaya hidup masyarakat perkotaan yang ingin back to nature.

C. Di Bidang Jasa

Sektor ketiga yang dapat Anda gali untuk mencari peluang usaha di desa anti gagal adalah dari sektor jasa. 

1. Jasa Fotografi

Dunia fotografi di zaman internet ini dapat dikategorikan sebagai sebuah kegiatan yang tak dapat dipisahkan dari keberadaan pariwisata. Demikian pula lahirnya media sosial juga tak dapat dilepaskan dari kehadiran fotografi.

Apalagi tak semua orang memiliki skill atau kemampuan untuk menghasilkan foto yang indah dan artistik. Oleh karena itu Anda dapat menggali potensi bisnis ini sebagai peluang usaha di desa, dengan melatih skill fotografi yang dimiliki.

Anda juga harus memperkaya informasi tentang beberapa lokasi wisata dengan spot menarik guna menghasilkan karya foto yang apik dan keren. 

2. Event Organizer

Mendirikan event organizer di desa, kenapa tidak? Meningkatnya potensi wisata di desa daerah tempat tinggal Anda dapat menjadi sarana peningkatan akan jasa event organizer. Anda dapat membuat berbagai kegiatan menarik yang dapat digabungkan dengan potensi wisata alamnya.

Misalkan membuat paket outbound untuk keluarga, perusahaan atau kelompok bebas dengan sejumlah minimal peserta. Anda juga dapat menggabungkan usaha fotografi untuk membuat paket pernikahan atau paket foto shoot pre wedding yang sedang naik daun.

3. Katering Makanan

Saat ini ada pergeseran gaya hidup warga desa yang membuat meningkatnya kebutuhan jasa katering makanan. Salah satunya adalah terjadi peningkatan jumlah wanita pekerja. Hal tersebut terjadi karena semakin banyaknya sektor ekonomi yang berkembang di pedesaan.

Berbagai supermarket yang didirikan, beragam tempat persewaan kamar, atau hadirnya usaha event organizer membuat lapangan pekerjaan bagi para wanita meningkat. 

Ibu-ibu yang bekerja inilah yang terkadang membutuhkan jasa catering untuk pemenuhan kebutuhan pangan bagi keluarganya. Selain itu Anda juga dapat bekerjasama dengan usaha EO atau persewaan kamar guna memasok kebutuhan makanan yang dibutuhkan.

Nah sudah punya gambaran kira-kira peluang usaha di desa yang mana yang akan Anda kembangkan?

No More Posts Available.

No more pages to load.