Berbagiruang.com – Berikut adalah Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Interaksi Manusia dan Komputer Tentang Evaluation Tehnique yang terdiri dari 14 soal pilihan ganda. Dengan adanya soal latihan ini semoga bisa sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian.
1. Dibawah ini merupakan bagian dari program aplikasi adalah?
a. Bagian program
b. Bagian design
c. Bagian antarmuka*
d. Bagian syntax
2. Model yang digunakan untuk mendesign layout adalah, kecuali?
a. Berbasis dokumen
b. Berbasis non dokumen
c. Utilitas
d. Non utilitas*
3. Berikut ini contoh sistem yang kritis bagi kehidupan (life critical system) kecuali?
a. Aplikasi perbankan*
b. Reaktor nuklir
c. Kendali lalu lintas udara
d. Reaktor nuklir
4. Dalam perancangan web yang baik, untuk teks yang menyampaikan isi (content) digunakan font yang sama di setiap halaman dengan warna & ukuran yang sama. Ini merupakan salah satu tujuan rekayasa sistem IMK yaitu?
a. Standarisasi
b. Tingkat kesalahan (error rate)
c. Konsistensi
d. Integrasi*
5. Berikut adalah karakteristik dari knowledge intermittent user, kecuali?
a. Lebih membutuhkan online-help daripada online tutorial
b. Mengeri task concept & interface concept
c. Lebih menyukai rancangan interface yang sederhada & pilihan2 yang lebih sedikit
d. Memerlukan umpan balik yang informative*
6. Media yang meungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer merupakan definisi dari ?
a. Aplikasi
b. Interface*
c. Komputer
d. Program
7. Dalam perencanaan sistem menu, struktur berikut adalah yang terbaik?
a. Sempit (narrow) & dalam (deep)
b. Sempit (narrow) & dangkal (shallow)
c. Lebar (wide) & dangkal (shallow)
d. Lebar (wide) & dalam (deep)*
8. Sistem komputer terdiri dari tiga aspek, yaitu ?
a. Brainware, software, hardware*
b. Aplikasi, software, hardware
c. Hardware, brainware, aplikasi
d. Hardware, software, aplikasi
9. Searangkaian unsur-unsur yang teridiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (brainware) disebut ?
a. Software*
b. Brainware
c. Sistem
d. Hardware
10. Software yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugasnya disebut ?
a. Application software*
b. Operasional software
c. System software
d. Organitation software
11. Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep ?
a. Inductive reasoning
b. Trial and error*
c. Abductive reasoning
d. Deductive reasoning
12. Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam berinteraksi dengan sistem adalah dengan ?
a. Membuat manual dan help dari sistem
b. Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
c. Memberi jarak antar icon
d. Memilih kontras warna yang jelas pada button*
13. Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user dengan sistem, kecuali ?
a. Tool box pada aplikasi grafis
b. Speech recognition
c. XML pada web-services*
d. Hyperlink di web
14. Berikut ini adalah contoh implementasi perancangan interface yang sesuai dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali ?
a. Teknologi Teleimmersion*
b. Adanya pointing dengan mouse
c. Teknologi surface computing
d. Aplikasi Touch-screen